Hindari Bahan Kimia Berbahaya! Inilah Cara Memilih Sabun Mandi Bayi yang Tepat

Selasa, 10 Oktober 2023 - 18:53 WIB
loading...
Hindari Bahan Kimia Berbahaya! Inilah Cara Memilih Sabun Mandi Bayi yang Tepat
Cara memilih sabun mandi bayi harus diketahui bunda dan ayah. Pasalnya, banyak produk di pasaran yang masih menggunakan bahan kimia berbahaya. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Cara memilih sabun mandi bayi harus diketahui bunda dan ayah. Pasalnya, banyak produk di pasaran yang masih menggunakan bahan kimia berbahaya. Jika tidak jeli, si kecil bisa mendapatkan masalah kulit yang tentunya tidak Anda inginkan.

Sebagian orangtua masih beranggapan bahwa perawatan kulit bayi dan orang dewasa tidak jauh berbeda. Bahkan, tak jarang orangtua menggunakan sabun untuk orang dewasa saat memandikan buah hatinya. Hal ini tentu merupakan tindakan yang keliru.

Setiap orang tua disarankan untuk memilih sabun bayi yang mengandung bahan dengan formulasi ringan dan mampu menjaga keseimbangan pH kulit bayi. Berikut adalah beberapa cara memilih sabun mandi bayi yang tepat.

Cara Memilih Sabun Mandi Bayi





1. Kenali Jenis Kulit Bayi


Kulit bayi pada dasarnya sensitif sehingga mudah sekali memerah, gatal, atau memunculkan ruam. Kondisi kulit tersebut sangat mungkin terjadi akibat penggunaan produk perawatan kulit, salah satunya sabun.

Oleh karena itu, sebelum memilih sabun, Anda wajib mengenali jenis kulit bayi. Terlebih tidak sedikit pula bayi yang memiliki masalah kulit, seperti kulit kering atau eksim. Bila Anda ragu menentukan jenis kulit si kecil, konsultasi ke dokter menjadi langkah yang paling bijak.

2. Pilih Sabun yang Tidak Mengandung Pewangi


Sabun bayi seharusnya tidak memiliki kandungan pewangi. Memang benar, sabun bayi memiliki aroma yang menenangkan. Namun, jika aromanya terlalu menyengat, waspada dengan adanya pewangi sintetis pada produk tersebut.

Sayangnya, pewangi tambahan bisa memicu munculnya iritasi, seperti kulit menjadi kering, munculnya ruam, dan beberapa tanda alergi lainnya, terlebih jika sang buah hati memang memiliki masalah kulit.

3. Pilih Kandungan Bebas Paraben


Hindari sabun bayi yang mengandung paraben, dioxane, dan formaldehyde. Kandungan yang umumnya ditemukan pada sabun mandi bayi adalah Methylisothiazolinone (MIT) dan Methylchloroisothiazolinone (CMIT).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)