Kanker Tiroid Bisa Sembuh lewat Terapi Radioaktif

Jum'at, 21 Juli 2017 - 22:06 WIB
Kanker Tiroid Bisa Sembuh lewat Terapi Radioaktif
Kanker Tiroid Bisa Sembuh lewat Terapi Radioaktif
A A A
JAKARTA - Kanker Tiroid menjadi salah satu penyakit menyeramkan dan sulit disembuhkan. Kendati demikian masih tetap bisa disembuhkan.

Dokter FK-UI Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD, K-EMD,PhD menjelaskan kanker tiroid merupakan kanker yang masih bisa disembuhkan dengan angka kekambuhan yang relatif kecil, di antaranya dengan melakukan terapi radioktif.

"Masyarakat diharapkan tidak terlalu khawatir, yang penting melakukan deteksi dini secepatnya, apabila menemukan adanya benjolan di daerah tiroid bisa langsung berkonsultasi, terapi dengan operasi pengangkatan seluruh kelenjar tiorid, supresi dengan hormon tiroksin dan bila diperlukan terapi ablasi iodium radio aktif pada sebagian besar pasien," kata dr. Dante di Jakarta, Jumat (21/7/2017).

Dengan terapi radioaktif, maka tingkat kualitas hidup kanker tiroid akan lebih panjag. Dalam hal ini angka harapan untuk hidup 5 atau bahkan 10 tahun dengan mencapai 100%. Oleh karena itu masyarakat diharapkan tidak terlalu khawatir yang penting adalah melakukan deteksi dini.

"Secepatnya berkonsultasi ke dokter jika menemukan adanya benjolan di tiroid dan agar patuh terhadap tatalaksana yang dianjurkan dokter," ujarnya.

Kanker tiroid merupakan pertumbuhan sel abnormal di dalam kelenjar tiroid. Kelenjar ini salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia dan dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring.

Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7814 seconds (0.1#10.140)