Alasan Bogor Disebut Kota Hujan, Simak Jawabannya di Sini

Rabu, 11 Oktober 2023 - 12:42 WIB
loading...
Alasan Bogor Disebut Kota Hujan, Simak Jawabannya di Sini
Bogor dikenal memiliki julukan Kota Hujan. Julukan tersebut ternyata mempunyai alasan tersendiri. Foto/MPI/Putra Ramadhani
A A A
JAKARTA - Bogor dikenal memiliki julukan Kota Hujan . Julukan tersebut ternyata mempunyai alasan tersendiri bagi kota yang berada di Jawa Barat ini.

Kota Bogor juga terkenal memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Kebun Raya Bogor.

Lantas, kenapa Bogor disebut sebagai Kota Hujan? Untuk mengetahuinya, simak jawabannya berikut ini.

Alasan Kota Bogor Disebut Kota Hujan


Bogor disebut Kota Hujan karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi sepanjang tahun, bahkan di musim kemarau. Sebab, kota ini terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Salak yang merupakan pegunungan vulkanik yang masih aktif.



Pegunungan ini berfungsi sebagai penghalang alami bagi angin laut dari Laut Jawa yang membawa banyak uap air. Ketika angin laut tersebut mencapai wilayah Bogor, uap air akan naik secara mendadak dan terkondensasi menjadi awan hujan.

Bogor juga berada di jalur konvergensi angin, yaitu tempat bertemunya angin dari arah utara dan selatan. Konvergensi angin ini menyebabkan tekanan udara menurun dan udara naik ke atas.

Udara yang naik tersebut akan mendingin dan membentuk awan hujan. Konvergensi angin ini sering terjadi di wilayah Indonesia, terutama di musim hujan yang mengakibatkan curah hujan tinggi di beberapa wilayah, termasuk Bogor.

Bogor juga sering mendapat pengaruh dari fenomena El Nino dan La Nina, yaitu perubahan suhu permukaan air laut di Samudra Pasifik yang berdampak pada pola curah hujan di dunia.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2590 seconds (0.1#10.140)