5 Film Perang Negara Arab dan Israel, Ada yang Mendapat Penghargaan

Rabu, 11 Oktober 2023 - 16:29 WIB
loading...
5 Film Perang Negara Arab dan Israel, Ada yang Mendapat Penghargaan
El-Mamar adalah film buatan Mesir yang tayang tahun 2019. Foto/Egypt Independent
A A A
JAKARTA - Ada banyak film perang Arab-Israel yang bisa diketahui. Salah satunya bahkan meraih penghargaan.

Sejarah mencatat bahwa konflik negara Arab dan Israel telah terjadi sejak lama. Sepanjang itu, telah banyak terjadi peristiwa seperti perang yang melibatkan negara-negara tersebut.

Berstatus sejarah penting, tak jarang momen-momen tersebut dijadikan acuan untuk sebuah film. Tidak hanya menyoroti kengerian di medan tempur, namun juga banyak yang mengambil sisi perasaan yang dialami para tentaranya.

Film Perang Negara Arab dan Israel


1. El-Mamar (2019)

5 Film Perang Negara Arab dan Israel, Ada yang Mendapat Penghargaan

Foto/Egypt Independent

El-Mamar adalah film buatan Mesir yang tayang tahun 2019. Mengutip Egypt Independent, Rabu (11/10/2023), film tersebut dibintangi sejumlah pemeran ternama seperti Ahmed Ezz, Sherif Mounir, hingga Eyad Nassar.



El-Mamar mengikuti kisah setelah berlangsungnya Six-Day War antara koalisi negara Arab melawan Israel. Saat Mesir kehilangan Sinai, sekelompok pasukan yang dipimpin Mayor Nour ditugaskan pada sebuah misi penting.

Tugas berat Nour adalah untuk melakukan serangan balasan dan menghancurkan kamp Israel yang tersebar di Sinai tengah. Dalam hal ini, mereka juga dibantu anggota suku Sinai secara heroik.

2. Lebanon: The Soldier’s Journey (2009)

5 Film Perang Negara Arab dan Israel, Ada yang Mendapat Penghargaan

Foto/IMDb

Lebanon: The Soldier’s Journey disutradarai oleh pembuat film asal Israel, Samuel Maoz. Menariknya, film ini berhasil mendapat sejumlah penghargaan, termasuk Golden Lion di 66th Venice International Film Festival.



Plot film ini berlatar pada peristiwa Perang Israel-Lebanon 1982. Salah satu hal menarik dari film ini adalah adegannya yang banyak berkutat di dalam sebuah tank saja.

Lebanon: The Soldier’s Journey menggambarkan realitas perang yang brutal dan bisa membuat trauma. Bersama para prajurit yang berjuang dari sebuah tank, film ini akan membawa penonton merasakan pengalaman saat berada di tengah kengerian perang.

3. Beaufort (2007)

5 Film Perang Negara Arab dan Israel, Ada yang Mendapat Penghargaan

Foto/IMDb

Berikutnya ada Beaufort. Film perang asal Israel ini tayang tahun 2007 dengan sutradara Joseph Cedar.

Berlatar Perang Lebanon, film ini mengikuti kisah pasukan pertahanan Israel (IDF) yang berada di pos Beaufort. Pos tersebut berada di puncak gunung dan cukup terisolasi di Lebanon Selatan.



Mengambil cerita ketika penarikan pasukan IDF dari Zona Keamanan Israel di Lebanon, film ini mengisahkan keseharian sekelompok tentara yang berjaga di Beaufort. Tak bisa tenang, setiap harinya mereka selalu berada dalam ketakutan akan serangan musuh secara mendadak.

4. Kippur (2000)


Film perang ini disutradarai Amos Gitai. Alur ceritanya disusun berdasarkan pengalaman pribadinya yang pernah menjadi anggota penyelamat helikopter selama Perang Yom Kippur 1973.

Kippur tayang perdana pada Oktober 2000. Film ini menghadirkan pemeran seperti Liron Levo, Tomer Russo, hingga Uri Klausner.

5. Waltz with Bashir (2008)


Waltz with Bashir adalah film dokumenter animasi garapan Ari Folman. Kisah film ini didasarkan pada pengalamannya sebagai tentara Israel ketika bertugas di Perang Lebanon 1982.

Plotnya berpusat pada upaya Folman untuk mengingat rahasia kelam tentang pembantaian di kamp pengungsi Sabra dan Shatila.

Itulah deretan film perang negara Arab dan Israel yang bisa diketahui.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)