Kejagung Tegaskan Kasus Kopi Sianida Sudah Selesai: Pembuktian Sempurna!

Kamis, 12 Oktober 2023 - 14:41 WIB
loading...
Kejagung Tegaskan Kasus Kopi Sianida Sudah Selesai: Pembuktian Sempurna!
Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana memberikan keterangan soal kasus kopi sianida di Kantor Kejagung, Kamis (12/10/2023). Foto: MPI/Riana Rizkia
A A A
JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) menegaskan kasus kopi sianida sudah selesai. Kopi sianida merenggut nyawa Wayan Mirna Salihin dengan tersangka Jessica Kumala Wongso .

Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana mengatakan, kasus tersebut telah melalui 5 kali proses ujian mulai dari sidang perkara di pengadilan negeri, sidang banding, sidang kasasi, dan 2 kali sidang Peninjauan Kembali (PK) di tingkat Mahkamah Agung (MA).



Sehingga, secara pembuktian melalui proses hukum kasus kopi sianida sudah sempurna. "Yang paling penting saya sampaikan di sini adalah dari lima kali ujian dengan semua hakim yang mengadili, tidak ada hakim satu pun yang dissenting opinion sehingga saya nyatakan secara pembuktian itu sudah sempurna. Clear kan!" ujar Sumedana di Kejagung, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2023).

Dia tidak membahas substansi pokok perkara, termasuk proses pembuktian bahwa Jessica merupakan pembunuh Mirna. Sebab, hal tersebut sudah dilakukan JPU kepada 5 majelis hakim yang berbeda.

"Apa yang menjadi alat bukti saat persidangan itu menjadi terang benderang. Saya di sini tidak bicara mengenai substansial. Apa yang dibilang tidak ada forensik, padahal itu ada ya kalau bapak ibu sekalian mau belajar secara utuh, itu ada semua," katanya.

"Rekonstruksi saja ada beberapa, ada rekonstruksi digital, rekonstruksi pelaksanaan ketika proses dilaksanakan bagaimana terjadinya suatu pembunuhan dan meninggalnya Mirna. Semua ada kalau kita membaca berkas perkaranya," ungkap Sumedana.

Kasus kematian Wayan Mirna Salihin akibat meminum kopi sianida pemberian Jessica Kumala Wongso kembali mencuat. Masyarakat ramai-ramai berkomentar dan mempertanyakan penetapan tersangka Jessica.

Kasus kopi sianida kembali viral setelah menjadi film dokumenter bertajuk "Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso" yang disiarkan Netflix.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1806 seconds (0.1#10.140)