9 Cara Membersihkan Wajan Gosong, Mudah dan Kinclong

Kamis, 12 Oktober 2023 - 16:27 WIB
loading...
9 Cara Membersihkan Wajan Gosong, Mudah dan Kinclong
Ibu rumah tangga harus tahu cara membersihkan wajan gosong. Salah satunya sangat mengganggu pandangan saat memasak di dapur. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Ibu rumah tangga harus tahu cara membersihkan wajan gosong . Sebab, wajan yang gosong sangat mengganggu pandangan saat memasak di dapur. Rasa pun seolah berubah gegera warna wajan yang menghitam.

Wajan adalah alat masak yang wajib ada di dapur. Kegunaannya yang multifungsi bisa jadi salah satu faktor membuat hidangan lezat. Menjaga wajan agar tetap bersih dan layak digunakan jadi keharusan agar kegiatan masak memasak nyaman.

Agar warna hitam akibat gosong hilang, berikut ini cara membersihkan wajan kesayangan yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Cara Membersihkan Wajan Gosong

1. Bersihkan dengan Sabun Cuci Piring

Cara membersihkan gosong pada wajan antilengket yang paling umum adalah menggunakan campuran sabun cuci piring dan air panas. Tuangkan sedikit cairan sabun cuci piring ke bagian yang gosong. Setelah itu rendam wajan dengan air panas hingga semalaman. Keesokan harinya, kamu bisa membilas dan menggosoknya dengan spons cuci piring untuk mengangkat kerak gosong pada wajan.

2. Gunakan Cuka

Selain menggunakan air panas, kamu bisa gunakan cuka sebagai penggantinya. Caranya, tuangkan cuka ke bagian wajan yang gosong, lalu diamkan beberapa menit. Setelah itu, kamu bisa menggosoknya dengan sendok kayu atau spatula kayu secara perlahan.

3. Gunakan Garam Kosher

Cara selanjutnya adalah menggunakan garam kosher. Cukup tuangkan garam pada panci yang gosong, lalu campurkan dengan sabun cuci piring. Setelah tercampur, tuangkan air hangat dan diamkan selama beberapa jam. Setelah itu, gosok secara perlahan menggunakan spatula atau sendok kayu agar tidak merusak panci.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)