Hemat Banget! Ini Tips Mengatur Uang Belanja yang Perlu Dicoba

Kamis, 12 Oktober 2023 - 17:06 WIB
loading...
Hemat Banget! Ini Tips Mengatur Uang Belanja yang Perlu Dicoba
Mau pengeluaran bulanan jadi lebih hemat? Coba ikuti beberapa tips mengatur uang belanja berikut ini agar bisa memenuhi kebutuhan rumah dengan baik. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Mau pengeluaran bulanan jadi lebih hemat? Coba deh ikuti beberapa tips mengatur uang belanja berikut ini, supaya Anda bisa memenuhi kebutuhan rumah dengan baik sampai tiba gajian berikutnya.

Kenyataannya, mengatur uang itu gampang-gampang susah. Jangan sampai happy di awal bulan (setelah gajian) tetapi baru dua minggu, sudah pusing karena uang bulanan sudah hampir habis.

Oleh sebab itu, diperlukan cara khusus untuk mengatur uang belanja supaya nggak boros dan cukup sampai akhir bulan. Anda bisa menyimak tips-tips berikut ini beserta penjelasannya lebih lanjut.

7 Tips Mengatur Uang Belanja

1. Buat Catatan Belanja

Salah satu kesalahan ibu rumah tangga dalam berbelanja adalah tidak mencatat barang apa saja yang hendak dibeli. Alhasil, setiap melihat barang yang menarik mata langsung dimasukan ke keranjang tanpa memperhatikan skala prioritas.

Menurut CEO dan penulis buku Clever Girl Finance, penting untuk membuat rencana makanan apa yang akan dibuat dan berapa orang yang akan memakannya. Anda juga bisa mengecek jumlah pengeluaran saat berbelanja selama beberapa minggu karena hal itu akan membantu mengetahui bagaimana pola belanja Anda selama ini.

2. Lihat dan Bandingkan Setiap Produk sebelum Membeli

Saat berbelanja, sebaiknya Anda membandingkan setiap produk yang ingin dibeli. Belilah produk yang memang benar-benar sedang dibutuhkan. Bila harganya terlalu mahal, Anda bisa mengganti dengan produk lain yang sejenis.

3. Pergi Belanja di Tengah Pekan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3350 seconds (0.1#10.140)