MotoGP Mandalika 2023 Siap Digelar, Ini Persiapannya

Kamis, 12 Oktober 2023 - 19:04 WIB
loading...
MotoGP Mandalika 2023 Siap Digelar, Ini Persiapannya
InJourney selaku Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya bersama anak usahanya Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC terus mematangkan persiapan event berkelas dunia ini. (Foto: dok. InJourney)
A A A
JAKARTA - Event besar yang ditunggu-tunggu masyarakat pecinta balap motor dari seluruh dunia, MotoGP Mandalika 2023, akan segera digelar. PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya bersama anak usahanya Indonesia Tourism Development Corporation atau ITDC terus mematangkan persiapan event berkelas dunia ini.

Menurut Ari Respati, Presiden Direktur Indonesia Tourism Development (ITDC), InJourney berkolaborasi dengan Kementerian BUMN, Kemenparekraf, pemerintah daerah, masyarakat, dan juga para stakeholders, untuk menyusun persiapan yang lebih baik. Dia menuturkan, perencanaan yang dilakukannya dimulai dengan mengevaluasi area pelaksanaan MotoGP Mandalika 2023 sehingga mengetahui area-area yang harus dilakukan improvement.

“Pada tahun ini, kami melakukan persiapan yang sangat matang baik dari segi infrastruktur, akses dan penyelenggaraannya,” ucapnya.

Pihaknya juga secara transparan terus memberikan update secara berkala tentang berbagai area improvement yang dilakukan, termasuk pembangunan infrastruktur pendukung, dan berbagai persiapan yang lain untuk mendukung kesuksesan MotoGP 2023.

“Publikasi yang rutin diharapkan bisa memberikan informasi yang memadai kepada masyarakat tentang kesiapan MotoGP Mandalika 2023,” kata Ari.

Menurut Ari, persiapan telah dilakukan dengan lebih matang, mulai dari perbaikan lintasan (track), kesiapan marshal, medical centre, fasilitas paddock, grandstand, hingga inner-circuit.

“Salah satunya dengan memulai pengecatan ulang kerb dan area run-off Sirkuit. Dari total luasan 27.380 persegi , pengecatan ulang telah mencapai kurang lebih 22.000 meter persegi. Tak lupa pemasangan sensor untuk area track-limit yang baru sesuai permintaan FIM, serta timing system,” tuturnya.

ITDC sendiri sebagai pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika juga telah melakukan persiapan kawasan, seperti pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur jalan kawasan sepanjang 35 km, kantong-kantong parkir 7.888 kapasitas (mobil & motor), gate kawasan, dan pembangunan Kuta Lane sebagai landmark baru kawasan yang menjadi salah satu spot favorit bagi para wisatawan yang menghubungkan Bazaar Mandalika menuju area Kuta Beach Park (KBP).

“Untuk mendukung kesiapan kawasan The Mandalika menyambut penyelenggaraan MotoGP 2023, ITDC telah melakukan kesiapan infrastruktur dasar kawasan seperti akses jalan kawasan, trotoar, penerangan jalan umum (PJU), area parkir, jaringan utilitas (listrik, air bersih dan internet), Bazaar The Mandalika yang menjadi area Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), traffic management, sistem pengamanan, manajemen pemadam kebakaran, penanganan sosial dan pengendali satwa, hingga waste management dan penyediaan transportasi kawasan,” paparnya.

Untuk para spectators atau penonton dan tamu undangan, InJourney telah menyiapkan hospitality terbaik, baik di ruangan Premier Box maupun area VIP Deluxe. Seluruh grandstand pun telah disiapkan untuk dapat menampung penonton sesuai kapasitas masing-masing grandstand.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4760 seconds (0.1#10.140)