Mengenal Dua Sendang Terkenal yang Ada di Gunung Lawu

Kamis, 12 Oktober 2023 - 21:12 WIB
loading...
Mengenal Dua Sendang Terkenal yang Ada di Gunung Lawu
Gunung Lawa tak hanya memiliki lanskap yang indah, banyak pendaki yang merasakan sensasi pecel khas Mbok Yem, warung tertinggi di Pulau Jawa. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Para pencinta gunung mungkin sudah tak asing lagi dengan keberadaan Gunung Lawu . Ya, gunung yang terletak di antara tiga kabupaten, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur ini menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki (embed dengan link utm) untuk menikmati keindahan alam.

Tak hanya lanskapnya yang indah, rupanya tak sedikit pendaki mendaki gunung berapi yang tengah tidur ini untuk merasakan sensasi pecel khas Mbok Yem warung tertinggi di pulau Jawa.

Memiliki ketinggian 3.265 meter diatas permukaan laut (mdpl), Gunung Lawu dikenal memiliki tiga puncak yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan puncak tertinggi bernama Hargo Dumilah. Rupanya selain memiliki tiga puncak, dan warung tertinggi, gunung ini juga identik dengan hal magis dan mistisnya .

Salah satunya tentang keberadaan sendang (embed dengan link utm). Sendang sendiri adalah kolam di pegunungan dan sebagainya yang airnya berasal dari mata air yang ada di dalamnya, biasanya dipakai untuk mandi dan mencuci.

Penasaran dengan sejarah sendang yang ada di Gunung Lawu? Yuk, simak penjelasan berikut ini untuk mengetahuinya.
Mengenal Dua Sendang Terkenal yang Ada di Gunung Lawu

Mengenal Dua Sendang Terkenal yang Ada di Gunung Lawu
Selain ketiga puncak yang sering dikunjungi pendaki ada dua tempat yakni Sendang Panguripan dan Drajat yang kerap didatangi para peziarah. Sendang Panguripan sendiri diyakini memiliki kekuatan magis sebab di sendang ini sumber airnya pernah dimanfaatkan oleh Prabu Brawijaya V saat bersemedi di Gunung Lawu.

Para peziarah biasanya memanfaatkan air tersebut untuk ritual mandi karena dipercaya sangat berkhasiat. Ritual ini acap kali dilakukan peziarah pada malam hari dengan suhu yang sangat dingin.
Sama seperti Sendang Panguripan, Sendang Drajat pun airnya sering dimanfaatkan oleh para peziarah dengan melakukan ritual. Konon airnya juga dipercaya memiliki kekuatan untuk menyembuhkan beragam penyakit.

Sendang Panguripan dan Drajat sendiri berada di dekat pos V, sebelum puncak Gunung Lawu. Tak heran jika banyak pendaki mengambil air untuk bekal ke puncak dari sendang ini
Mengenal Dua Sendang Terkenal yang Ada di Gunung Lawu

Selain keberadan dua sendang tersebut, keangkeran Gunung Lawu pun diyakini oleh para pendaki. Banyak ragam kisah horor yang didapat mereka, seperti yang dialami mas Mas Chetu yang pernah membantu mencari seorang mahasiswa yang hilang saat mendaki di Gunung Lawu dan tak dapat ditemukan hingga saat ini.

Saat Mas Chetu bersama dengan tim nya, Ia bertemu dengan orang dibelakangnya dengan ekspresi yang dingin. Orang tersebut terus mengikutinya dari belakang dan tak pernah ingin mendahuluinya.
Tiba-tiba orang tersebut turun dan hanya menyalami Mas Chetu. Saat diberitahukan oleh warga setempat ternyata orang tersebut sudah meninggal.

Penasaran kan dengan kisahnya? Kamu bisa dengerin di Live Jero Podcast Semedi Eps.56 Ternyata Dia Bukan Manusia , hari ini Kamis 12 Oktober 2023 pukul 20.00 WIB hanya di Audio+ .
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)