5 Cara Merawat Baju Bahan Katun Biar Nggak Gampang Rusak

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 12:34 WIB
loading...
5 Cara Merawat Baju Bahan Katun Biar Nggak Gampang Rusak
Katun bahan pakaian yang paling digemari masyarakat Indonesia. Dengan iklim yang cenderung tropis, mengenakan pakaian katun membuat Anda tidak mudah gerah. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Katun merupakan salah satu bahan pakaian yang paling digemari masyarakat Indonesia. Dengan iklim yang cenderung tropis, mengenakan pakaian katun membuat Anda tidak mudah gerah. Nah, biar baju kesayangan Anda nggak gampang rusak, perhatikan cara merawat baju bahan katun berikut ini.

Kain katun memiliki tekstur yang lembut dan halus, sehingga tidak menimbulkan iritasi akibat gesekan kain yang kasar. Kelebihan kain katun yang halus akan membuat Anda lebih nyaman saat mengenakannya. Selain itu, Anda tidak akan merasa gatal karena tekstur kainnya tidak kasar.

Oleh karena itu, yuk sayangi pakaian milik Anda dengan mengetahui cara merawat baju bahan katun berikut ini.

5 Cara Merawat Baju Bahan Katun





1. Bersihkan Noda Terlebih Dahulu Sebelum Mencuci


Jika terdapat noda pada pakaian Anda, gunakan pembersih khusus noda pakaian, yang biasanya menyediakan aplikator berujung kecil untuk membersihkan noda yang berada di bagian sulit.

Mengucek pakaian yang terkena noda tidak perlu berlebihan, karena telah diberikan pembersih khusus noda. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan noda yang tidak dapat dihapus dengan pencucian biasa.

2. Perhatikan Metode Pencucian


Dimulai dari proses membersihkan, baju bahan katun cocok untuk dicuci dengan mesin cuci. Perhatikan juga air yang Anda gunakan untuk mencuci ya! Untuk baju berwarna putih, sebaiknya gunakan air hangat saat mencuci. Sedangkan baju dengan warna sebaiknya menggunakan air dingin agar warnanya tidak cepat pudar.

3. Jangan Merendam Terlalu Lama


Merendam pakaian menggunakan detergen dapat membantu kita untuk mengangkat kotoran yang menempel. Meskipun begitu, kita tetap perlu memperhatikan waktu perendaman. Terlalu lama merendam pakaian dapat menyebabkan endapan detergen menempel disela kain sehingga pakaian terlihat lebih kusam dan cepat luntur.

4. Jemur Pakaian dalam Posisi Dibalik


Saat proses pengeringan, usahakan menjemur pakaian katun Anda dengan bagian luar berada di dalam. Menjemur secara terbalik akan mencegah warna pakaian katun cepat memudar. Hindari juga mengeringkan pakaian katun di mesin karena dapat membuatnya cepat melar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1549 seconds (0.1#10.140)