Tingkatkan Ekonomi, Istri Nelayan Sedulur Ganjar Produksi Keripik Pisang

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 09:30 WIB
loading...
Tingkatkan Ekonomi, Istri Nelayan Sedulur Ganjar Produksi Keripik Pisang
Sukarelawan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar membangun rumah produksi keripik pisang yang dikelola istri dari para nelayan di Pangandaran, Jawa Barat. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sukarelawan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar membangun rumah produksi keripik pisang yang dikelola istri dari para nelayan di Pangandaran, Jawa Barat.

Mereka menamai produknya 'Keripik Pisang Renyah' dengan tagline 'Sekali Gigit Pasti Ketagihan'. Rumah produksi ini mampu menghasilkan 100 pcs keripik per hari dengan harga jual berkisar antara Rp10 ribu hingga Rp15 ribu per pcs.

Hal ini tidak hanya menciptakan identitas kuliner khas daerah Buniayu tetapi juga memberikan peluang pendapatan tambahan bagi para istri nelayan yang berjuang untuk membangun masa depan yang lebih cerah.

"Alhamdulillah, untuk saat ini baru menembus 100 pcs per hari dengan harga jual sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu per pcs," kata penanggungjawab rumah produksi, Dede Rina dalam siaran pers, Kamis (12/10/2023).



Rina mengatakan rumah produksi ini baru dirintis dengan memberdayakan para istri nelayan. Kedepan, ia berharap produksi pisang ini terus meningkat dan bisa mempekerjakan banyak orang, serta meningkatkan perekonomian masyarakat. "Harapannya, usaha kami bisa lebih berkembang, biar bisa membantu perekonomian masyarakat juga," ucapnya.

Koordinator Wilayah Wanita Nelayan Sadulur Ganjar Buniayu, Herni, menjelaskan bahwa rumah produksi ini adalah langkah nyata untuk memberdayakan istri-istri nelayan, menciptakan lapangan kerja, dan merangsang perekonomian lokal. Ia berharap produk ini mampu bersaing di tingkat lokal, nasional hingga internasional.



Rumah produksi itu dilengkapi sejumlah perlengkapan produksi keripik, seperti kompor, wajan, alat peniris minyak, dan peralatan lainnya. Rumah produksi ini telah mendapatkan dukungan positif dari berbagai pihak yang ingin berkontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan keluarga mereka.

"Bagus yah rumah produksinya. Saya ikut terlihat disini, ingin membantu suami, buat anak-anak. Mudah-mudahan semakin maju kedepannya perusahaan keripik pisang," kata seorang istri nelayan,Maryati.

Sukarelawan Wanita Nelayan Sedulur Ganjar juga memberikan pelatihan pembuatan keripik pisang bagi masyarakat dan istri para nelayan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0960 seconds (0.1#10.140)