Mengenal Kanker Payudara, Penyakit yang Diidap Suzanne Somers Selama 23 Tahun hingga Meninggal Dunia

Senin, 16 Oktober 2023 - 10:36 WIB
loading...
Mengenal Kanker Payudara, Penyakit yang Diidap Suzanne Somers Selama 23 Tahun hingga Meninggal Dunia
Suzanne Somers meninggal dunia usai berjuang melawan kanker payudara selama 23 tahun. Jadi penting untuk mengenal penyakit berbahaya ini lebih jauh. Foto/ people.
A A A
JAKARTA - Suzanne Somers meninggal dunia usai berjuang melawan kanker payudara selama 23 tahun. Tentu bukan hal mudah berjuang melawan penyakit berbahaya ini selama puluhan tahun.

Suzanne Somers sendiri meninggal dunia pada usia 76 tahun, sehari sebelum merayakan ulang tahun yang ke-77 pada 16 Oktober 2023.

Jadi penting untuk mengenal kanker payudara, kanker yang paling umum, yang didiagnosis pada wanita di Amerika Serikat. Namun, kanker payudara dapat terjadi pada pria, meski lebih sering terjadi pada wanita.

Dilansir mayoclinic pada Senin (16/10/2023), dukungan besar terhadap kesadaran akan kanker payudara dan pendanaan penelitian telah membantu menciptakan kemajuan dalam diagnosis dan pengobatan kanker payudara.

Tingkat kelangsungan hidup kanker payudara telah meningkat, dan jumlah kematian yang terkait dengan penyakit ini terus menurun, sebagian besar disebabkan oleh faktor-faktor seperti deteksi dini, pendekatan pengobatan baru yang dipersonalisasi, dan pemahaman yang lebih baik tentang penyakit ini.

Gejala kanker payudara

Tanda dan gejala kanker payudara mungkin termasuk,
Benjolan atau penebalan payudara yang terasa berbeda dengan jaringan di sekitarnya.
Perubahan ukuran, bentuk atau penampilan payudara.
Perubahan pada kulit di atas payudara, seperti lesung pipit.
Puting susu yang baru masuk ke dalam.
Mengupas, mengelupas, mengeraskan atau mengelupas area berpigmen pada kulit di sekitar puting (areola) atau kulit payudara.
Kemerahan atau lubang pada kulit di sekitar payudara Anda, seperti kulit jeruk.

Penyebab kanker payudara

Dokter mengetahui bahwa kanker payudara terjadi ketika beberapa sel payudara mulai tumbuh tidak normal. Sel-sel ini membelah lebih cepat dibandingkan sel-sel sehat dan terus menumpuk, membentuk benjolan atau massa.

Sel dapat menyebar (bermetastasis) melalui payudara ke kelenjar getah bening atau ke bagian lain tubuh.

Kanker payudara paling sering dimulai dengan sel-sel di saluran penghasil susu (karsinoma duktal invasif).

Kanker payudara juga dapat dimulai di jaringan kelenjar yang disebut lobulus (karsinoma lobular invasif) atau di sel atau jaringan lain di dalam payudara.

Para peneliti telah mengidentifikasi faktor hormonal, gaya hidup, dan lingkungan yang dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Namun tidak jelas mengapa beberapa orang yang tidak memiliki faktor risiko terkena kanker, namun orang lain yang memiliki faktor risiko tidak pernah terkena kanker.

Kemungkinan besar kanker payudara disebabkan oleh interaksi kompleks antara susunan genetik dan lingkungan Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2779 seconds (0.1#10.140)