2 Kapal Induk AS Pasang Badan untuk Israel, Ini Senjata yang Mereka Bawa

Selasa, 17 Oktober 2023 - 01:17 WIB
loading...
2 Kapal Induk AS Pasang Badan untuk Israel, Ini Senjata yang Mereka Bawa
USS Gerald R Ford, kapal induk terbesar di dunia, dikirim Amerika Serikat ke Mediterania timur untuk membela Israel selama perangnya dengan Hamas. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Pentagon telah mengerahkan dua kapal induk Amerika Serikat (AS)—dan kapal-kapal perang pendukungnya—ke Mediterania timur sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober lalu.

Kedua kapal induk dan kelompok tempurnya itu untuk membela Israel jika pihak lain di luar Hamas ikut terlibat perang melawan Zionis.

Keduanya membawa sejumlah besar kekuatan termasuk sejumlah kapal, pesawat tempur, dan pasukan militer AS.



1. Kapal Induk USS Gerald R Ford


Kapal induk USS Gerald R. Ford, bersama dengan kapal-kapal pendukungnya, tiba di Mediterania timur awal pekan lalu.

Ford, yang ditugaskan pada tahun 2017, adalah kapal induk terbaru Amerika Serikat dan terbesar di dunia, dengan lebih dari 5.000 pelaut di dalamnya.

Mengutip Reuters, Selasa (17/10/2023), kapal induk tersebut, yang memiliki reaktor nuklir, dapat menampung lebih dari 75 pesawat militer, termasuk pesawat tempur seperti jet F-18 Super Hornet dan E-2 Hawkeye, yang dapat bertindak sebagai sistem peringatan dini.

Ia memiliki persenjataan rudal, seperti Evolved Sea Sparrow Missile, yang merupakan rudal permukaan-ke-udara jarak menengah yang digunakan untuk melawan drone dan pesawat terbang.

Rudal kerangka udara bergulir pada Ford digunakan untuk menargetkan rudal anti-kapal bersama dengan Mk-15 Phalanx Close-In Weapon System yang digunakan untuk menembakkan peluru penusuk lapis baja.

Ford juga menyertakan radar canggih yang dapat membantu mengendalikan lalu lintas udara dan navigasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)