Pahit dan Manisnya Cupcake Sirup Kopi di Sore Hari

Senin, 07 Agustus 2017 - 16:48 WIB
Pahit dan Manisnya Cupcake Sirup Kopi di Sore Hari
Pahit dan Manisnya Cupcake Sirup Kopi di Sore Hari
A A A
JAKARTA - Siapa yang tak suka dengan cupcake? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tentu menyukai kudapan pencuci mulut yang satu ini.

Jika biasanya cupcake kerap disajikan untuk anak-anak dengan rasa yang menyenangkan, seperti cokelat, vanilla dan stroberi dengan hiasan sprinkles warna-warni, kini Anda dapat sedikit berinovasi dengan menyajikan cupcake spesial untuk orang dewasa dengan sentuhan rasa kopi yang sedikit pahit.

Dinikmati dengan secangkir teh atau susu hangat, cupcake yang satu ini tentu sangat pas untuk memanjakan lidah Anda di sore hari. Yuk, intip resep dan cara membuat Cupcake Sirup Kopi dari Taste.com.au yang satu ini!

Bahan-bahan:
125 gram mentega
185 ml air
215 gram gula kastor
1 sdm kopi bubuk instan
100 gram dark chocolate, cincang
75 gram tepung terigu biasa
75 gram tepung terigu self-raising
40 gram bubuk kakao
30 gram bubuk hazelnut
1 butir telur, kocok lepas
125 ml kopi espresso yang baru diseduh
100 gram ekstra gula kastor
Biskuit bola cokelat, untuk hiasan

Cara membuat:
Panaskan oven sampai 160 ° C. Siapkan loyang muffin atau cupcake, kemudian lapisi dengan cup kertas.

Campurkan mentega, air, gula, bubuk kopi dan cokelat ke dalam panci di atas api kecil. Masak, aduk selama 3-4 menit atau sampai mentega dan coklat meleleh dan aduk rata. Angkat dari api dan sisihkan selama 10 menit hingga sedikit dingin.

Saring kedua tepung terigu dan bubuk kakao kemudian campurkan dengan lelehan coklat. Tambahkan bubuk hazelnut dan gunakan balloon whisk untuk mengocok hingga rata. Tambahkan telur, kemudian aduk kembali hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang berisi cup kertas yang sudah disiapkan kemudian panggang dalam oven selama 10-12 menit atau sampai matang. Sisihkan.

Sementara itu, campurkan espresso dan gula ekstra dalam panci di atas api sedang. Masak, aduk, selama 2 menit atau sampai gula larut. Besarkan api, kemudian biarkan masak selama 2-3 menit atau sampai sirup mulai mendidih dan mengental. Matikan api, kemudian tuangkan sirup secukupnya di atas cupcake dan tambahkan biskuit bola cokelat di atasnya. Sajikan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6642 seconds (0.1#10.140)