7 Kota dengan Warga Paling Jago Bahasa Inggris di Indonesia, Jakarta Bukan Nomor 1

Selasa, 17 Oktober 2023 - 16:00 WIB
loading...
7 Kota dengan Warga Paling Jago Bahasa Inggris di Indonesia, Jakarta Bukan Nomor 1
Ada beberapa kota paling jago bahasa Inggris di Indonesia menurut data EF English Proficiency Index tahun 2022. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Terdapat tujuh kota paling jago bahasa Inggris di Indonesia menurut data EF English Proficiency Index tahun 2022. Dari data tersebut, Jakarta yang dikenal sebagai kota metropolitan tidak berada di posisi pertama.

EF English Proficiency atau EF EPI adalah pemeringkatan kemampuan bahasa Inggris yang diterbitkan setiap tahun. Dalam EF English Proficiency tahun 2022, Indonesia menempati urutan 81 dari 111 negara di dunia. Skor EF EPI Indonesia berada di angka 469 yang masih tergolong rendah.

Untuk di kawasan Asia, Indonesia menempati posisi 15 dari 24 negara. Tak dapat dipungkiri jika kemampuan berbahasa Inggris di era modern ini memang sangat penting. Terlebih dengan berkembangnya pasar global yang merajalela.

Ada 20 kota di Indonesia yang masuk ke dalam daftar EF EPI. Namun, dari jumlah tersebut belum satu pun kota yang masuk dalam kategori tinggi. Kota-kota tersebut hanya masuk dalam kategori menengah, rendah, dan sangat rendah.



Dari 20 kota di Indonesia itu, berikut tujuh kota teratas yang bisa dibilang paling jago berbahasa Inggris menurut EF EPI tahun 2022.

7 Kota Paling Jago Berbahasa Inggris


1. Surabaya


Surabaya menjadi kota paling jago berbahasa Inggris di Indonesia saat ini menurut EF EPI. Ibu kota Jawa Timur itu berhasil meraih skor 546. Meski begitu, nilai tersebut masih berada dalam kategori menengah.

2. Jakarta


Ibu kota Indonesia rupanya hanya mampu bertengger di urutan kedua dengan skor 523 di EF EPI. Angka tersebut juga masih dalam kategori menengah.



3. Balikpapan


Posisi ketiga ternyata diduduki oleh Balikpapan yang mendapat skor 514 dari EF EPI. Angka ini juga masih berada dalam kategori menengah.

4. Bandung


Selanjutnya ada Bandung yang mendapat skor 508 menurut EF EPI. Ibu kota Jawa Barat ini juga masih termasuk dalam kategori menengah.

5. Yogyakarta


Kemudian ada wilayah yang terkenal dengan julukan kota pendidikan. Meski begitu, Yogyakarta hanya mendapat skor 504 dan masih tergolong ke dalam kategori menengah menurut EF EPI.

6. Pontianak


Pontianak memiliki skor yang sama dengan Yogyakarta, yakni 504 dari EF EPI. Kota ini masih berada dalam kategori menengah dalam berbahasa Inggris.

7. Malang


Terakhir ada Malang yang punya skor 490 dari EF EPI. Karena skor yang kurang dari 500, membuat kota di Jawa Timur ini masuk dalam kategori rendah.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)