Waspada! 70 Persen Pasien Kanker Payudara Baru Periksa saat Stadium 3

Kamis, 19 Oktober 2023 - 06:11 WIB
loading...
Waspada! 70 Persen Pasien Kanker Payudara Baru Periksa saat Stadium 3
Kanker payudara menjadi salah satu penyakit paling serius yang menjadi momok masyarakat, khususnya kaum wanita. Foto/istimewa.
A A A
JAKARTA - Kanker payudara menjadi salah satu penyakit paling serius yang menjadi momok masyarakat, khususnya kaum wanita.

Di Indonesia, kanker payudara banyak ditemukan. Terdapat lebih dari 150 ribu kasus per tahun. Untuk itu, dibutuhkan peran masyarakat dan berbagai emelen untuk mengatasinya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Indonesia, sebanyak 70% pasien kanker payudara telah memasuki stadium 3 saat terdeteksi. Padahal, prognosis kemungkinan hidup pasien kanker payudara tahun bisa mencapai 95% jika dideteksi di stadium awal.

Tingginya angka kejadian kanker payudara menunjukkan betapa penting deteksi dini untuk dilakukan oleh setiap individu dan memerlukan perhatian semua pihak. Hal ini ditumbuhkan RS Siloam TB Simatupang dan Yayasan Daya Dara Indonesia (Love Pink) yang mengadakan gerakan 10.000 USG payudara gratis untuk membantu mendeteksi dan melawan kanker payudara.

"Kami memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung setiap wanita dalam upaya mencegah kanker payudara. Kesehatan payudara adalah salah satu aset berharga dalam hidup setiap wanita, dan kami berkomitmen untuk memberikan dukungan yang diperlukan dalam upaya mengurangi risiko kanker payudara,” kata Ketua Yayasan Daya Dara Indonesia, Barbara Samantha Islan.

Sementara, dr. Dewi Anggraini, MARS, CEO RS Siloam TB Simatupang mengatakan gerakan 10.000 USG payudara gratis Love Pink x SHTB ini sangat penting dalam upaya pencegahan kanker payudara di Indonesia.

“Melalui layanan USG Payudara Gratis kami, kami berharap dapat membantu masyarakat dalam mendeteksi masalah kesehatan ini lebih awal, meningkatkan peluang kesembuhan, dan mengurangi beban yang ditanggung oleh para wanita di Indonesia," ujar dia.

"Kami telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat. Kehadiran Grup RS Siloam dalam gerakan 10.000 USG payudara gratis adalah bukti perwujudan komitmen kami untuk mendukung kesehatan masyarakat Indonesia," ucapnya lagi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)