Lebih Dingin Mana, Daerah Bandung atau Bogor? Ini Perbandingannya

Kamis, 19 Oktober 2023 - 14:41 WIB
loading...
Lebih Dingin Mana, Daerah Bandung atau Bogor? Ini Perbandingannya
Daerah dingin di perkebunan teh yang ada di Bandung. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Daerah dingin kerap diincar masyarakat yang ingin tinggal ataupun healing di wilayah yang sejuk. Bandung dan Bogor adalah dua kota di Jawa Barat yang masuk daftar daerah dingin sehingga kerap didatangi banyak pelancong. Tapi, lebih dingin mana, daerah Bandung atau Bogor? Yuk kita simak perbandingan suhunya.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Bandung dan Bogor sama-sama merupakan daerah bersuhu rendah. Tak heran, dua kawasan tersebut udaranya terasa sangat sejuk. Kondisi itu dipengaruhi oleh letak geografisnya, karena sebagian besar wilayah Bandung dan Bogor berada di dataran tinggi serta dikelilingi pegunungan.



Untuk membandingkan mana sih di antara Bandung dan Bogor yang lebih dingin cuacanya, simak ulasan berikut, yang dirangkum dari beberapa sumber, Kamis (19/10/2023).

Bandung

Bandung dikelilingi oleh pegunungan sehingga bentuk morfologi wilayahnya seperti sebuah mangkuk raksasa. Secara geografis, Kota Bandung letaknya ada di tengah-tengah Provinsi Jawa Barat. Daerah ini berada di ketinggian sekitar 768 meter di atas permukaan laut.

Suhu di Bandung dipengaruhi oleh iklim pegunungan yang lembab dan sejuk dengan suhu rata-rata 23,5 derajat celcius. Sementara curah hujannya rata-ata 200,4 mm dengan jumlah hari hujan rata-rata 21,3 hari per bulan.

Salah satu wilayah di Bandung yang terkenal sangat dingin adalah Lembang yang berada di Kabupaten Bandung Barat.

Lembang terletak di ketinggian 1.312-2.084 meter di atas permukaan laut. Lembang memiliki rata-rata suhu 17-27 derajat celcius.


Bogor

Bogor terletak di ketinggian 190-330 meter di atas permukaan laut. Udaranya relatif sejuk dengan suhu rata-rata per bulan 26 derajat celcius. Suhu rata-rata terendah di Bogor adalah 21,8 derajat celcius, yang paling sering terjadi pada Desember dan Januari.

Lantaran dikelilingi gunung-gunung seperti Gunung Salak, Gunung Gede, Gunung Halimun, dan Gunung Sanggabuana, Bogor jadi sering mengalami hujan orografi. Hampir setiap hari Bogor diguyur hujan. Curah hujan di wilayah ini dalam setahun mencapai 70%, makanya tak heran Bogor dijuluki Kota Hujan.

Wilayah di Bogor yang terkenal sangat sejuk adalah kawasan Puncak. Di wilayah ini, suhu siang hari saja terkadang bisa mencapai 16 derajat celsius.

Dari ulasan di atas, dapat dikatakan Bandung masih lebih dingin daripada Bogor bila ditinjau dari suhu rata-rata per bulan. Di mana suhu rata-rata di Bandung adalah 23,5 derajat celsius, sementara Bogor kisaran suhunya "hanya" 26 cerajat celsius tiap bulan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1349 seconds (0.1#10.140)