alexa snippet

7 Makanan dan Minuman Alami Penambah Energi

7 Makanan dan Minuman Alami Penambah Energi
Kacang-kacangan menjadi salah satu makanan yang dapat menambah energi. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Merasa lelah karena padatnya aktivitas tentu pernah dirasakan semua orang. Namun, energi dan semangat dalam diri tetap harus dijaga. Cara ampuhnya dengan mengonsumsi beberapa makanan ataupun minuman yang mungkin belum Anda ketahui.

Dikutip Boldsky, berikut makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk mengembalikan dan menambah energi pada tubuh. Selamat mencoba!

1. Pisang
Pisang menjadi penguat energi alami dan menjadi perpaduan sempurna antara karbohidrat kompleks, gula alami, asam amino, vitamin dan antioksidan.

Pisang membantu menghasilkan nor-epinefrin yang dapat meningkatkan tingkat kewaspadaan pada diri. Satu pisang segar bisa memberi 80 hingga 120 kalori bagi tubuh.

2. Kacang-kacangan
Campuran kacang, biji-bijian, dan buah kering dapat menjadi camilan yang lezat dan tepat bagi Anda yang membutuhkan tambahan energi. Makanan tersebut menjadi sumber protein, lemak sehat, serat dan mineral yang baik seperti, magnesium dan asam folat.

Namun, perlu diingat bahwa Anda harus menghindari kacang-kacangan versi kemasan karena sering kali mengandung kelebihan garam dan minyak yang tidak sehat.

3. Telur
Telur adalah pilihan sarapan tepat karena sebagai sumber protein yang lengkap serta mengandung sembilan asam amino esensial yang diperlukan untuk kebutuhan makanan pada tubuh.

Sarat dengan vitamin B kompleks dan vitamin D, telur mampu memberikan pasokan energi sepanjang hari. Anda dapat menikmati telur rebus atau telur orak-arik untuk meningkatkan energi.

4. Alpukat
Alpukat dikenal sebagai superfood yang kaya akan vitamin B, C, K, mineral dan asam lemak monosaturated yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Kandungan serat tinggi itu membuat kenyang untuk waktu yang lama. Anda dapat menambahkan alpukat ke makanan harian, terutama saat sarapan agar tubuh tetap terasa kenyang sepanjang hari.

5. Dark Chocolate
Cokelat mampu memberi energi dan penguat mood dengan sangat baik. Cokelat memiliki kafein dan stimulan lainnya seperti, theobromine dan triptofan (pendahulu serotonin) yang dapat menenangkan pikiran.

6. Sayuran hijau
Ketika Anda ingin mendapatkan dorongan energi di siang hari, sayuran menjadi yang terbaik karena memiliki kalori rendah dengan serat dan mineral yang tinggi. Sayuran seperti, bayam, kol, dan wortel membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan menjaga agar tubuh tetap terisi sampai makanan berikutnya.

7. Air
Tetap terhidrasi adalah cara mudah dan murah untuk meningkatkan energy tubuh. Menjaga sumber air bersih setiap saat dan meminumnya sepanjang hari dapat membuat tubuh Anda tetap berenergi.



(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top