Kisah Huyay bin Akhthab Bertahan Yahudi, Putrinya Diperistri Nabi Muhammad SAW

Kamis, 19 Oktober 2023 - 19:06 WIB
loading...
Kisah Huyay bin Akhthab Bertahan Yahudi, Putrinya Diperistri Nabi Muhammad SAW
Pada saat Perang Khaibar, pasukan muslim berhasil menaklukkan kaum Yahudi. Huyay bin Akhthab gugur dalam perang itu. Ilustrasi: Ist
A A A
Huyay bin Akhthab adalah ayah Sayyidah Shafiyah , istri Rasulullah SAW . Jauh sebelum menjadi istri Nabi, Sayyidah Shafiyah menyaksikan bagaimana sang ayah tetap bertahan sebagai pemeluk Yahudi kendati sudah tahu bahwa Muhammad adalah seorang rasul.

Dr Muhammad bin Fariz al-Jamil, dalam bukunya berjudul "An-Nabi wa Yahid al-Madinah, Dirasah Tabliliyah li Alagah ar-Rasul bi Yahud al-Madinah wa Mawaqif al-Mustasyriqin Minha" dan diterjemahkan oleh Indi Aunullah menjadi "Nabi Muhammad dan Yahudi Madinah" menyebut Huyay bin Akhthab adalah Yahudi berpengaruh di tengah kaumnya.

Interaksi pertama kali Rasulullah SAW dengan Huyay bin Akhthab terjadi tatkala beliau sampai di Quba' dalam perjalanan hijrah menuju Yatsrib atau Madinah . Kala itu pada bulan Rabiul Awal tahun pertama Hijrah (1 H, bertepatan dengan 622 M).



Ibnu Ishaq meriwayatkan kesaksian Shafiyah binti Huyay bin Akhthab, yang belakangan dinikahi Rasulullah, mengenai kontak pertama antara orang-orang Yahudi dan sang Nabi.

Shafiyah mengutarakan, “Ketika Rasulullah datang ke Madinah, beliau singgah di Quba' di tempat Bani Amr bin Auf. Ayahku, Huyay bin Akhthab, dan pamanku, Abu Yasir bin Akhthab, mendatanginya pagi-pagi dengan mengenakan selimut penutup dan baru kembali saat matahari terbenam."

"Mereka pulang dalam keadaan lelah, lesu, dan lemas. Mereka berjalan gontai. Aku menyambut keduanya dengan ceria seperti biasa tetapi, demi Allah, tak satu pun dari mereka menoleh kepadaku. Keduanya terlihat menanggung kesusahan."

Lalu kudengar pamanku bertanya kepada ayahku: 'Apakah benar dia orangnya?'

Ayahku menjawab, 'Iya, demi Tuhan.'

'Apakah kamu mengenalnya?' pamanku kembali bertanya.

'Iya,' jawab Ayah.

'Lalu bagaimana sikapmu?' tanya paman lagi.



Ayah pun menjawab, 'Demi Tuhan, aku akan memusuhinya selama masih hidup.'

Menentang

Di antara yang memperkuat riwayat Shafiyah mengenai permusuhan ayahnya terhadap Nabi Muhammad adalah laporan Urwah bin az-Zubair, bahwa orang Yahudi pertama yang mendatangi Rasulullah adalah Abu Yasir bin Akhthab.

Setelah pulang, Urwah mendengarnya berseru kepada kaumnya, “Percayalah padaku, inilah nabi yang kita tunggu-tunggu.”

Namun saudaranya, Huyay bin Akhthab, menentangnya, padahal, Huyay inilah yang disegani kaumnya. Dia dikuasai setan, sehingga alih-alih mengindahkan seruan Abu Yasir, mereka malah mengikuti perkataan Huyay.

Muhammad bin Fariz al-Jamil mengatakan bagaimanapun juga, terlepas dari perbedaan berbagai riwayat mengenai orang Yahudi pertama yang mendatangi Rasulullah, apakah Abu Yasir bin Akhthab atau saudaranya, Huyay, isi perjumpaan itu dan akibat yang ditimbulkannya tidak berbeda: pada akhirnya mereka tidak mengakui kenabian beliau, mendustakan dan memusuhinya.

Menurut Muhammad bin Fariz al-Jamil, kesaksian Ummul Mukminin Shafiyah di atas tidak menjelaskan kepada kita apa yang terjadi antara sang Rasul dan ayah serta pamannya sehingga keduanya pulang dalam keadaan susah dan lesu.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)