Cara Membuat Kopi Tubruk ala Kafe Kekinian, Cocok untuk Kongkow Bareng Teman

Kamis, 19 Oktober 2023 - 18:11 WIB
loading...
Cara Membuat Kopi Tubruk ala Kafe Kekinian, Cocok untuk Kongkow Bareng Teman
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Penikmat kopi tentu sudah tidak asing dengan cara membuat kopi tubruk ala kafe. Selain lebih kekinian, kopi tubruk ala kafe juga punya rasa yang enak dan cocok untuk kongkow bersama teman.

Seperti namanya, tubruk adalah cara membuat kopi yang menubrukkan kopi dan air secara langsung. Kopi tubruk merupakan cara membuat kopi yang paling awam baik di rumah, kantor hingga tempat nongkrong.

Di Indonesia, kopi tubruk sering diidentikkan dengan si hitam manis. Ya. Setelah ditubruk, kopi sering langsung diminum atau bila suka bisa dicampur dengan gula.

Lantas, bagaimana cara membuat kopi tubruk senikmat kopi ala kafe? Simak pembahasan berikut ini.


Cara Membuat Kopi Tubruk ala Kafe

1. Siapkan Kopi dan Air Sesuai Takaran

Pertama yang harus kamu perhatikan adalah takaran yang tepat antara bubuk kopi dengan air. Umumnya, 10 gram bubuk kopi murni bisa digunakan untuk 150 mililiter air.

2. Perhatikan Tingkat Panas Air

Air panas yang digunakan untuk membuat kopi tubruk bukan air bersuhu 100 derajat celsius. Sejumlah Barista profesional menyebut, air mendidih 100 derajat celsius akan mengubah kandungan mineral air. Idealnya, air panas yang digunakan bersuhu 90-95 derajat celsius.

3. Tambah Gula atau Susu

Tentu saya, gula dan susu wajib ada bagi yang tidak suka pahitnya kopi murni. Jika ingin menikmati kopi tubruk yang manis, ditambahkan gula di awal proses pembuatan, tepatnya setelah kopi sudah mulai larut dalam air panas. Alternatif pemanis lainnya, bisa dengan menambahkan susu kental manis atau susu cair.

4. Tutup dan Diamkan Beberapa Menit

Menutup gelas kopi tubruk saat masih panas selama beberapa menit ternyata membuat aroma kopi makin sedap dan enak diminum.

Itulah cara membuat kopi tubruk ala kafe yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Dapatkan diskon hingga 13% untuk produk dari Opal Coffee di AladinMall. Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)