Waspadai Risiko Kesehatan Saat Menggunakan Ponsel

Kamis, 17 Agustus 2017 - 04:28 WIB
Waspadai Risiko Kesehatan Saat Menggunakan Ponsel
Waspadai Risiko Kesehatan Saat Menggunakan Ponsel
A A A
JAKARTA - Seorang ahli bedah bernama Bob Chatterje mengemukakan bahwa akhir-akhir ini dirinya semakin sering kedatangan pasien dengan keluhan text neck, penyakit dibagian leher dan kepala yang dipicu dari seringnya seseorang beraktivitas dengan menggunakan ponsel.

"Saya mulai melihat banyak pasien, terutama profesional bisnis yang menderita sakit kronis dan sakit kepala seperti yang disebut sakit leher dan bahu akibat penggunaan ponsel sedemikian rupa," kata Bob seperti dilansir The Sun.

Ada beberapa gejala yang menunjukan seseorang mengalami text neck. Bagi mereka yang begitu intim dalam menggunakan ponsel, mereka akan merasakan kondisi bahu terasa kaku untuk digerakan.

"Perubahan kelengkungan pada tulang belakang seiring dengan perubahan tendon pendukung, ligamen, otot, yang menyebabkan postural pada kasus ekstrem," jelas dia.

Selain itu, untuk gejala yang relatif umum dirasakan yakni rasa sakit pada bagian leher, pungung, serta tangan. Gejala utama text neck juga bisa berupa sakit kepala yang cukup parah.

Meskipun risiko dari penggunaan ponsel ini tidak bisa dipandang sebelah mata, namun mengingat alat tersebut cukup membantu aktivitas sehari-hari, maka akan terasa sulit untuk meninggalkannya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6782 seconds (0.1#10.140)