Wapres Ajak Kontestan Pilpres 2024 Teken Pakta Integritas, Partai Perindo: Imbauan Menyejukkan

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 17:48 WIB
loading...
Wapres Ajak Kontestan Pilpres 2024 Teken Pakta Integritas, Partai Perindo: Imbauan Menyejukkan
Juru Bicara Nasional DPP Partai Perindo, Christophorus Taufik. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai Persatuan Indonesia (Perindo) menyambut baik pernyataan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin yang menyerukan para kontestan Pilpres 2024 meneken pakta integritas. Hal ini untuk mencegah penggunaan narasi negatif yang dapat memicu konflik.

Juru Bicara Nasional DPP Partai Perindo, Christophorus Taufik menilai, seruan tersebut sangat baik untuk menciptakan kesejukan pesta demokrasi di masyarakat.

"Saya pikir imbauan Pak Wapres bagus, sejalan dengan yang disampaikan dalam berbagai kesempatan oleh pasangan calon Pak Ganjar dan Pak Mahfud maupun TPN GP," kata Chris, begitu Christophorus Taufik disapa, Jumat (20/10/2023).

"Pemilu 2024 harus dihadapi dengan adu gagasan, adu visi dan misi jangan memperpanjang narasi-narasi yang berkembang pada Pemilu 2019 yang masih menyisakan keterbelahan di tengah masyarakat," tambah Chris.



Menurut Chris, pakta integritas yang diusulkan Wapres Ma'ruf Amin dimaksudkan agar ada bentuk dokumentasi yang bisa dijadikan pengingat bagi masing-masing. Para paslon diwajibkan untuk menjaga komitmen kesejukan di tengah masyarakat.

"Misal dengan tidak menggunakan narasi-narasi yang sensitif, menciptakan keterbelahan apalagi dengan memakai berita-berita bohong (hoaks) ataupun isu-isu agama," jelas pria yang merupakan Bacaleg DPR RI dari Partai Perindo Dapil Jawa Timur V (Malang Raya) itu.

Karena itu, Chis juga mengajak kepada masyarakat untuk memastikan substansi dari muatan pakta integritas tersebut agar dapat dipahami dan dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab bersama.

Sebelumnya, Wapres Ma'ruf menyerukan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 agar berjalan lancar dan damai. Dia pun mengajak kontestan agar membuat pakta integritas untuk mencegah penggunaan narasi-narasi negatif yang dapat memicu konflik.

"Para kontestan ini harus membuat pakta integritas untuk tidak melakukan hal-hal (seperti) ucapan, tindakan, provokasi, narasi-narasi itu. Jangan sampai menggunakan narasi yang mengarah terjadinya potensi konflik ataupun kebencian," ujar Wapres dalam keterangan resminya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9256 seconds (0.1#10.140)