Kuliner Favorit Ganjar Pranowo di Solo, Apa Itu?

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 21:51 WIB
loading...
Kuliner Favorit Ganjar Pranowo di Solo, Apa Itu?
Dari sekian banyak kuliner di Solo, ada salah satu makanan favorit Ganjar Pranowo, yakni tengkleng. Foto/YouTube Ganjar Pranowo
A A A
SOLO - Solo dinobatkan sebagai kota ternyaman di Indonesia. Penilaian ini diberikan oleh sebuah halaman situs akademi Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) 2022. Kenyamanan Solo bisa dilihat dari berbagai aspek, salah satunya dalam hal kuliner yang sangat lezat.

Dari sekian banyak kuliner di Solo, ada salah satu makanan favorit Ganjar Pranowo, yakni tengkleng.

Tengkleng merupakan hidangan khas Solo yang berisi tulang kambing yang dimasak dalam kuah sup berempah. Hidangan ini mulanya hanya disantap oleh para bangsawan, namun saat ini sudah dijajakan untuk masyarakat umum.

Mengutip kanal YouTube Ganjar Pranowo, calon presiden Indonesia ini terlihat mengunjungi salah satu warung makan yang ada di Pasar Klewer, Jalan Dr. Radjiman Wedyodiningrat No. 5A, Solo.

Ganjar Pranowo terlihat datang ke Tengkleng Klewer Bu Edi. Kala dirinya datang, warung makan ini dipenuhi oleh banyak orang yang sedang mengantre membeli tengkleng. Hal ini salah satu pertanda kalau tengkleng Bu Edi memiliki rasa yang lezat.

Satu porsi tengkleng di rumah makan ini disajikan secara unik. Sebuah mangkuk terlihat dilapisi kertas makan dan daun pisang. Kemudian diisi nasi dan tulang kambing yang telah dibumbui dengan rempah-rempah khas Indonesia. Lalu keduanya disiram dengan kuah kental berempah dan hangat.

Ganjar Pranowo terlihat sangat antusias untuk mencicipi hidangan tengkleng tersebut. Ia kemudian menyendok kuah tengkleng yang hangat. Kala itu wajahnya langsung tersenyum ceria, menggambarkan bahwa hidangan tersebut sangat lezat.

"Kalau mau ke Solo, pasti tahu makanan khas Solo, tengkleng. Gurihnya ada, sedikit asin, ada mericanya, sedikit pedas gitu. Ini khas Solo," kata Ganjar Pranowo, dikutip Jumat (20/10/2023).

Anda juga bisa mencicipi tengkleng khas Solo yang disantap Pak Ganjar. Caranya dengan mendatangi langsung kedai Tengkleng Klewer Bu Edi yang terletak tepat di bawah Gapura Pasar Klewer.

Untuk mencicipi satu porsi tengkleng di kedai ini, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp50.000 per porsi.

Kedai makanan ini buka setiap hari mulai pukul 12.00 WIB. Namun, biasanya pada pukul 15.00 WIB warung makan tengkleng ini sudah tutup karena dagangannya habis.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1000 seconds (0.1#10.140)