Pemadaman Terkendala, TPA Tlekung Batu Nyaris 24 Jam Membara

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 11:35 WIB
loading...
Pemadaman Terkendala, TPA Tlekung Batu Nyaris 24 Jam Membara
Kebakaran di TPA Tlekung Kota Batu belum juga padam hampir 22 jam berjalan. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
BATU - Kebakaran di TPA Tlekung Kota Batu belum juga padam usai hampir 22 jam berjalan. Petugas gabungan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar), BPBD, Tagana, dan beberapa relawan lain masih berjibaku memadamkan api.

”Kebakaran masih belum berhasil dipadamkan. Proses penanganan sampai saat ini masih terus berlanjut," ucap Kepala Damkar Kota Batu Supriyanto saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (21/10/2023).

Ia mengatakan, api yang membakar tumpukan sampah di TPA Tlekung tersebut tidak kunjung padam karena beberapa kendala. Salah satunya kendala yang dihadapi petugas adalah akses pengambilan air yang terlalu jauh.



”Kita menyediakan dua mobil pemadam kebakaran dan 4 mobil tangki air. Cuman yang menjadi kendala sejauh ini adalah lokasi pengambilan air yang terlalu jauh, menjadi penghambat dalam proses pemadaman kebakaran di TPA Tlekung ini,"”terangnya.

Selain itu, angin di lokasi kejadian juga berhembus cukup kencang. Hal ini membuat titik-titik api yang sebelumnya sudah tidak muncul, kembali membara. Menurutnya, seharusnya pemadaman api di TPA Tlekung ini menggunakan sistem injeksi.

”Sistem injeksi itu harusnya kita pakai pipa, kemudian terus air kita tembakkan kebawah. Seperti penanganan kebakaran lahan gambut. Sekarang temen-temen coba tancapkan itu tapi hanya sebatas nozel saja,” terangnya.



Sebagai informasi, Damkar Kota Batu mendapatkan informasi bahwa ada kebakaran di TPA Tlekung pada Jumat (20/10/2023) sekitar pukul 12.45 WIB. Setelah mendapatkan laporan petugas langsung datang ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

Damkar Kota Batu aalanya menerjunkan satu mobil damkar dan satu unit mobil tangki. Tetapi karena luasan area yang terbakar terus meningkat, membuat petugas Damkar meminta bantuan dua unit mobil tangki dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KOta Batu.

Hingga kini total ada empat mobil yang dikerahkan untuk pemadaman api. Sementara ada setidaknya 36 personel dikerahkan untuk penanganan kebakaran.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1634 seconds (0.1#10.140)