Penderita Hipertensi Alami Perdarahan Otak usai Minum Kopi, Cek Faktanya

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 16:30 WIB
loading...
Penderita Hipertensi Alami Perdarahan Otak usai Minum Kopi, Cek Faktanya
Sebuah video menjadi viral ketika seorang pasien berusia 30 mengalami perdarahan otak. Kabarnya usai menikmati kopi. Benarkan demikian? Foto/ pexels.
A A A
JAKARTA – Sebuah video menjadi viral ketika seorang pasien berusia 30 tahun melakukan CT Scan bagian kepala, di mana hasilnya begitu mengejutkan. Bagian kepala pasien mengalami perdarahan otak .

Menurut kesaksian teman pasien, sang pasien memang memiliki riwayat hipertensi dan sering kali melakukan kebiasaan begadang bahkan sampai sebelum kejadian. Selain itu, pasien juga terlihat sering kali mengkonsumsi kopi dan gorengan yang dianggap juga sebagai pemicu terjadinya kasus.



“Terus begadang nih malam sebelum kejadian, begadang terus mengkonsumsi kopi, gorengan itu pemicunya juga,” kata pemilik akun, dikutip dalam akun TikTok @hanyafototulang, Sabtu (21/10/2023).

Pasien jatuh, hingga akhirnya dibawa ke rumah sakit dan mengalami perdarahan otak . Menurut pemilik akun tentu hal ini sangat disayangkan, di usianya yang masih terlihat muda sudah mengalami kasus seperti ini.

Untuk itu, pemilik akun menyarankan agar masyarakat lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan, salah satunya dengan menjaga pola makan, dan istirahat yang cukup, karena ditakutnya kejadian seperti ini terulang kembali.

“Takutnya seperti ini, masih muda, lebar banget tuh, ini potongan axial nih coronal sagitalnya lihat ya disini lebar wallahualam,” ucap pemilik akun.

Berkaca dari kejadian tersebut, menurut Kemenkes beberapa penelitian menunjukkan mengkonsumsi kopi memang bukan hanya mengurangi rasa kantuk, tetapi juga dapat meningkatkan tekanan darah dalam jangka waktu yang singkat.

Namun, pada orang-orang dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi , penelitian tersebut menunjukkan konsumsi kopi setiap hari tidak memiliki efek yang signifikan terhadap tekanan darah maupun kesehatan jantung.



Akan tetapi, bukan berarti hal itu bukan menjadi suatu masalah, mengkonsumsi kopi secara berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan, terlebih jika pada penderita hipertensi masih mengalami tekanan darah yang tinggi, karena hal itu harus dikontrol terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi kopi.

Untuk itu Kemenkes menyarankan agar mengkonsumsi kopi diimbangi dengan pola hidup sehat dan aktivitas fisik yang rutin serta diet seimbang.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2301 seconds (0.1#10.140)