Festival Menggambar Nasional 2023, Kemendikbud Ciptakan Pendidikan Sehat dan Berkualitas

Minggu, 22 Oktober 2023 - 20:36 WIB
loading...
Festival Menggambar Nasional 2023, Kemendikbud Ciptakan Pendidikan Sehat dan Berkualitas
Kemendikbudristek berupaya menciptakan pendidikan sehat dan berkualitas untuk seluruh anak-anak di Indonesia, seperti melalui Festival Menggambar Nasional 2023. Foto/ MPI.
A A A
JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) berupaya menciptakan pendidikan sehat dan berkualitas untuk seluruh anak-anak di Indonesia.

Tidak hanya dalam lingkup sekolah, Kemendikbudristek juga mewujudkan pendidikan sehat dan berkualitas melalui kerja sama dengan Nestlé Indonesia lewat Festival Menggambar Nasional 2023.

"Ini adalah sebuah kerja sama yang baik antara pemerintah dengan sektor privat dalam upaya untuk berpartisipasi mewujudkan pendidikan berkualitas bagi anak Indonesia di seluruh Indonesia," ucap Mendikbudristek RI diwakili oleh Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek RI Dr. Muhammad Hasbi di Taman Mini Indonesia Indah, Minggu (22/10/2023).

"Setiap anak Indonesia adalah istimewa, setiap anak indonesia adalah unik, oleh karena itu setiap anak Indonesia memiliki perjalanan belajarnya sendiri-sendiri," kata Muhammad Hasbi.

Salah satu media pembelajaran terbaik yang dapat dilakukan olehnya anak-anak Indonesia, yakni dengan menggambar.

Dari menggambar, dirinya berharap anak menjadi anak-anak berkualitas terbaik yang akan menjadi tulang punggung negara Indonesia di masa yang akan datang.

Tidak hanya itu saja, kegiatan menggambar ini juga sejalan dengan yang telah dicanangkan oleh Kemendikbudristek dalam menciptakan anak-anak Indonesia berkarakter positif.

"Pertama mewujudkan anak-anak Indonesia yang memiliki karakter beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, yang kedua memiliki nalar kritis, yang ketiga memiliki kreativitas, kemudian yang keempat memiliki kemandirian, mampu bergotong-royong, dan yang terakhir memiliki kebhinekaan global," ucap Muhammad Hasbi.

“Anak didik kita semakin ke depan semakin sehat dan semakin mampu menjadi Generasi Indonesia yang Sehat cerdas dan berkarakter di tahun 2045 yang akan datang,” lanjutnya.

Selain itu, kegiatan yang mengasah kreativitas dan kolaborasi anak Indonesia ini ternyata juga meningkatkan derajat kesehatan peserta didik di lingkungan sekolah melalui “Kampanye Sekolah Sehat” (KSS) yang sudah berjalan sejak 2022.

"KSS merupakan bentuk sinergi semua pihak untuk meningkatkan kualitas kesehatan anak di lingkungan sekolah dengan tiga fokus utama, yaitu, Sehat Bergizi, Sehat Fisik dan Sehat Imunisasi (3S),” tutur Muhammad Hasbi.

“Saya berharap Festival Menggambar Nasional ini bukan hanya dapat menstimulasi keterampilan dan menjadi wadah ekspresi bagi anak-anak, tetapi juga dapat memberikan pemahaman kepada para orang tua mengenai pentingnya 3S dalam proses tumbuh kembang anak," kata dia lagi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3439 seconds (0.1#10.140)