Catat! Begini Cara Menyusui yang Benar agar Bayi Kenyang dan Nyaman

Senin, 23 Oktober 2023 - 17:30 WIB
loading...
Catat! Begini Cara Menyusui yang Benar agar Bayi Kenyang dan Nyaman
Khususnya ibu muda, harus tahu cara menyusui yang benar agar si kecil nyaman dan mendapat asupan terbaik. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Khususnya ibu muda, harus tahu cara menyusui yang benar agar si kecil nyaman dan mendapat asupan terbaik.

Menyusui adalah suatu proses alamiah. Namun, melakukan hal yang alamiah tidaklah selalu mudah sehingga perlu pengetahuan dan latihan yang tepat.

Fakta menunjukkan terdapat 40 persen wanita yang tidak menyusui bayinya karena banyak yang mengalami nyeri dan pembengkakan payudara. Tidak maksimalnya proses menyusui akan berakibat kurang baik, karena isapan bayi sangat berpengaruh pada rangsangan produksi ASI selanjutnya.

Lantas, bagaimana cara menyusui yang benar?

Cara Menyusui yang Benar





1. Pastikan Ibu dan Bayi Rileks


Sebelum menyusui, pastikan posisi kepala bayi harus lebih tinggi dibandingkan tubuhnya. Hal ini dimaksudkan agar bayi lebih mudah menelan. Ibu dapat menyangga dengan tangan ataupun mengganjal dengan bantal. Kemudian, tempatkan hidung bayi sejajar dengan puting. Hal ini akan mendorong bayi membuka mulutnya.

2. Posisikan Bayi Sedekat Mungkin ke Payudara


Posisikan tubuh bayi sedekat mungkin ke payudara. Ketika bayi mulai membuka mulutnya dan ingin menyusu, dekatkan ke payudara dan tunggu hingga mulutnya terbuka lebar dengan posisi lidah ke arah bawah.

Jika bayi belum melakukannya, ibu dapat membimbing bayi dengan dengan menyentuh lembut bagian bawah bibir bayi dengan puting susu ibu.

3. Perhatikan Pelekatan dan Pelukan yang Benar


Posisi pelekatan terbaik bayi menyusui adalah mulut bayi tidak hanya menempel pada puting, tetapi juga pada areola. Pelekatan ini merupakan salah satu syarat penting dalam cara menyusui yang benar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4266 seconds (0.1#10.140)