5 Penyakit yang Berisiko Diidap Wanita usai Menopause

Selasa, 24 Oktober 2023 - 16:25 WIB
loading...
5 Penyakit yang Berisiko Diidap Wanita usai Menopause
Sejumlah penyakit berisiko diidap wanita usai menopause. Wanita yang tidak memiliki masalah kesehatan sebelum menopause dapat menghadapi lebih banyak masalah. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sejumlah penyakit berisiko diidap wanita usai menopause . Wanita yang tidak memiliki masalah kesehatan sebelum menopause dapat menghadapi lebih banyak masalah setelah melalui perubahan tersebut.

Selain hilangnya estrogen, terjadi perubahan lain dalam tubuh yang dapat membahayakan kesehatan atau penyakit setelah menopause . Misalnya, tekanan darah, kolesterol jahat, dan trigliserida.

Meskipun setiap wanita menghadapi risiko unik berdasarkan genetika dan faktor lainnya, ada baiknya Anda memperhatikan cara melindungi diri dari penyakit yang dapat meningkatkan risiko setelah menopause.

Penyakit yang Berisiko Diidap Wanita usai Menopause



Berikut penyakit yang berisiko diidap wanita usai menopause dilansir dari Everyday Health, Selasa (24/10/2023).



1. Penyakit Jantung


Wanita sering berpikir kanker payudara adalah ancaman terbesar mereka, namun bahaya paling signifikan yang dihadapi setelah menopause sebenarnya adalah penyakit jantung. Hampir sepertiga wanita mengidap penyakit kardiovaskular, dan tingkat serangan jantung pada wanita mulai meningkat sekitar satu dekade setelah menopause.

Alasan utamanya adalah estrogen membantu menjaga pembuluh darah tetap fleksibel, sehingga berkontraksi dan melebar untuk mengakomodasi aliran darah. Begitu estrogen berkurang, manfaat ini hilang. Ditambah dengan perubahan lain, seperti peningkatan tekanan darah yang dapat menebalkan dinding arteri, jantung wanita tiba-tiba menjadi rentan.

2. Osteoporosis


Wanita empat kali lebih mungkin terkena osteoporosis dibandingkan pria, yaitu penyakit di mana tulang menjadi tipis dan lemah serta lebih mudah patah. Ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada Mei 2017 di Journal of Clinical Medicine Research.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), sebelum menopause, tulang wanita dilindungi oleh estrogen, tetapi pada tahun sebelum periode menstruasi terakhir dan berlanjut selama sekitar tiga tahun setelahnya, pengeroposan tulang terjadi dengan cepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)