Satelit Rusia Senggol AS, Dunia di Ambang Perang Luar Angkasa

Rabu, 25 Oktober 2023 - 08:41 WIB
loading...
Satelit Rusia Senggol AS, Dunia di Ambang Perang Luar Angkasa
Dunia di ambang perang luar angkasa. FOTO/ DAILY
A A A
MOSCOW - Dunia di ambang Perang Luar Angkasa setelah satelit Rusia menunjukkan tanda agresi terhadap Amerika Serikat. Satelit Rusia, Kosmos 2542, telah mendekati satelit mata-mata AS, KH-11, pada 22 Oktober 2023.

BACA JUGA - Stasiun Luar Angkasa Internasional Rusak Terkena Puing Luar Angkasa

Satelit Rusia tersebut terbang dalam jarak yang sangat dekat dengan satelit AS, hanya sekitar 10 meter.

Peristiwa ini telah memicu kekhawatiran di kalangan pejabat AS. Mereka menilai bahwa tindakan Rusia tersebut merupakan agresi dan berpotensi memicu konflik di luar angkasa.

"Tindakan Rusia ini sangat berbahaya dan mengancam keamanan AS," kata Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken seperti dilansir dari Daily Start, Rabu (25/10/2023).

"Kami akan terus memantau situasi dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk membela diri."

Rusia telah membantah tuduhan AS. Mereka mengklaim bahwa satelit Kosmos 2542 sedang melakukan misi rutin untuk mengumpulkan data cuaca.

Namun, para ahli luar angkasa meragukan klaim tersebut. Mereka menilai bahwa satelit Kosmos 2542 memiliki kemampuan untuk melakukan operasi anti-satelit.

Peristiwa ini merupakan eskalasi dari ketegangan antara Rusia dan AS di luar angkasa. Pada tahun 2020, Rusia dituduh oleh AS telah meluncurkan proyektil dari satelitnya untuk menyerang satelit mata-mata AS.

Ketegangan antara Rusia dan AS di luar angkasa juga diperburuk oleh meningkatnya persaingan antara kedua negara di bidang militer dan teknologi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)