Ini Syarat untuk Lakukan Donor Darah Apheresis

Rabu, 25 Oktober 2023 - 21:35 WIB
loading...
Ini Syarat untuk Lakukan Donor Darah Apheresis
Head of Communications and Information Division of Yayasan Laskar Aferesis Mila Rahmania dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Donor darah apheresis merupakan salah satu cara pendonoran darah yang terbilang baru di Indonesia. Berbeda dengan donor darah pada umumnya, donor darah apheresis hanya membutuhkan beberapa komponen untuk diambil menggunakan mesin khusus.

Komponen tersebut meliputi plasma darah, sel darah putih, dan trombosit. Donor darah apheresis akan sangat diperlukan oleh pasien kanker. Namun, tidak menutup kemungkinan darah itu juga dibutuhkan oleh pasien-pasien lain.

Head of Communications and Information Division of Yayasan Laskar Aferesis Mila Rahmania mengatakan, melakukan donor darah apheresis terbilang mudah, terlebih dengan syarat yang tidak terlalu banyak.

“Padahal syaratnya mudah, yaitu berat badan minimal harus 55 kilo, kemudian trombositnya 150 ribu, tahunya dari sample gitu ya, lalu tidak sedang hamil, tidak sedang menstruasi, sama umur itu dari 17-50 tahun. Tapi kalau sudah biasa donor, 55 tahun bisa (donor),” beber Mila dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (25/10/2023).



Menurut Mila, kalangan anak muda di Indonesia sebenarnya memiliki kategori yang masuk ke dalam syarat. Akan tetapi, belum tergeraknya rasa mau atau belum bisa mendonor menjadikan kegiatan donor ini jarang dilakukan. Padahal, sebagaimana diketahui, sedikit darah yang diberikan akan sangat berpengaruh dan penting bagi yang membutuhkan.

Untuk itu, melalui beberapa kegiatan edukasi seperti mendatangi sekolah-sekolah, membuat video, melakukan collab dengan sejumlah influencer, serta melaksanakan webinar, Mila beserta tim ingin membuat masyarakat khususnya kalangan muda tergerak untuk melakukan donor darah apheresis.

“Dengan harapan anak-anak muda ini tergerak untuk donor. Karena kita juga nggak bisa ngandelin yang tua,” ujar Mila.

Namun yang perlu diketahui, melakukan donor darah apheresis tidak bisa sembarangan. Karena trombosit memiliki save life yang cepat, setidaknya lima hari trombosit itu dapat bertahan dan diberikan kepada pasien. Sehingga Mila berpesan, jika ingin melakukan donor darah apheresis, bisa dicek terlebih dulu kebutuhan yang diperlukan melalui komunitas, yayasan, ataupun media sosial Yayasan Laskar Aferesis.

“Kemudian kalau teman-teman tertarik bisa mendaftar di www.aferesis.or.id/jadi-laskar, lalu tim kita akan hubungi dan melakukan penjadwalan. Selain itu donor darah apheresis juga bisa dilakukan di beberapa tempat yang sudah bekerja sama,” tutup Mila.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)