Langsung Beri ASI Anak Kedua, Kahiyang Ayu Harus Diberi Jempol

loading...
Langsung Beri ASI Anak Kedua, Kahiyang Ayu Harus Diberi Jempol
Kahiyang Ayu bersama anak pertamanya, Sedah Mirah Nasution. / Foto: ist
A+ A-
JAKARTA - Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu melahirkan anak kedua berjenis kelamin laki-laki pada 3 Agustus 2020, pukul 20.21 WIB di RS YPK Mandiri, Jakarta. Cucu keempat Presiden Jokowi ini dilahirkan melalui proses cesar.

(Baca juga: Tips Aman Menyusui pada Masa Pandemi)

Dokter spesialis anak konsultan Rinawati Rohsiswatmo mengatakan bahwa sesaat setelah melahirkan, anak pasangan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution itu langsung memperoleh air susu ibu (ASI). Hal itu pun memperoleh apresiasi Rina.

(Baca juga: Penting dan Dibutuhkan Bayi, ASI Makin Tersia-siakan)



"Kita harus beri jempol kepada Mbak Ayang. Sejak detik pertama dilahirkan bayi ini dapat ASI. Ini sebagai contoh yang baik," kata Rina dalam konferensi pers bersama Bobby Nasution di RS YPK Mandiri, Jakarta, Selasa (4/8).

(Baca juga: Gelar Pekan Menyusui, Kemenkes: ASI Cegah Kematian dan Stunting)

Tidak hanya anak kedua, wanita yang akrab disapa Ayang itu juga diketahui memberikan ASI eksklusif untuk anak pertamanya, Sedah Mirah Nasution. Oleh karena itu, apa yang dilakukan Kahiyang ini dinilai Rina merupakan teladan yang baik bagi para ibu.



(Baca juga: Panduan Memberikan ASI saat Pandemi Covid-19)

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), DR, Dr. Aman B Pulungan, Sp.A(K), FAAP, FRCPI(Hon) menjelaskan, pemenuhan kebutuhan ASI eksklusif 6 bulan, kemudian dilanjutkan selama masa MPASI (Makanan Pendamping ASI) hingga usia 2 tahun, merupakan upaya pemenuhan hak anak untuk bertumbuh dan berkembang optimal.

(Baca juga: Inspirasi untuk Para Pejuang ASI lewat Foto di Pekan Menyusui Dunia)

"Mari bersama-sama mendukung upaya keberhasilan menyusui demi peningkatan kualitas generasi bangsa," kata Dr. Aman seperti dikutip dari Instagram @idai_ig, Rabu (5/8).
(nug)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top