Siti Atikoh Ganjar Beberkan Tips Mengasuh dan Membentuk Karakteristik Anak

Kamis, 26 Oktober 2023 - 16:00 WIB
loading...
Siti Atikoh Ganjar Beberkan Tips Mengasuh dan Membentuk Karakteristik Anak
Siti Atikoh ketika menghadiri kajian bersama dr. Aisah Dahlan, CHt, di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2023). Foto/Instagram Siti Atikoh
A A A
JAKARTA - Istri Calon Presiden Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti, membeberkan tips terkait pola asuh anak yang perlu mengikuti perubahan zaman. Hal itu disampaikan Atikoh ketika menghadiri kajian bersama dr. Aisah Dahlan, CHt, di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (24/10/2023).

Ia mengungkapkan bahwa cara mendidik anak perempuan dan anak laki-laki berbeda. Menurutnya, pendekatan yang digunakan dalam pola asuh anak laki-laki mungkin perlu lebih persuasif, sedangkan pada anak perempuan, pendekatan harus mempertimbangkan kondisinya.

“Bagaimana ketika kita menasihati anak. Anak perempuan dan laki-laki approach-nya tentu berbeda,” kata Siti Atikoh.



Ia menekankan bahwa anak perempuan cenderung memiliki kemampuan yang lebih seimbang antara sisi kanan dan kiri otaknya, sementara anak laki-laki mungkin memiliki karakteristik yang berbeda.

“Kalau perempuan cenderung lebih seimbang antara kanan dan kiri, laki-laki memang berbeda,” ujar dia.

Misalnya, pandangan anak laki-laki lebih fokus ke depan, sementara anak perempuan lebih cenderung melihat detail di sekelilingnya. Oleh karena itu, dalam kasus mencari barang di rumah, sering kali ibu-ibu yang lebih paham.

“Misalnya, laki-laki itu cenderung pandangannya ke depan, kalau yang di samping-samping kadang tidak lihat. Jadi misalnya nyari-nyari barang di rumah biasanya ibu-ibu yang paling paham,” sambungnya.

Siti Atikoh juga menyoroti pentingnya pendidikan bagi para ibu muda tentang pola asuh anak. Ia berpendapat bahwa orang tua perlu mendidik anak-anak mereka secara dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, pola asuh juga harus disesuaikan dengan umur dan kondisi anak.

“Pasti berbeda, ketika bicara gaya parenting sekarang kemudian dibandingkan dengan gaya orang tua saya dulu, itu pasti akan berbeda dan harapannya semoga orang tua bisa paham. Tentunya akan diperlukan peran kedua belah pihak baik bapak maupun ibu sehingga bisa lengkap, karena approach-nya itu berbeda,” imbuh istri Calon Presiden Ganjar Pranowo itu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)
pixels