alexa snippet

Fakta Masa Lalu dan Sumber Inspirasi JK Rowling

Fakta Masa Lalu dan Sumber Inspirasi JK Rowling
Masa lalu menjadi sumber inspirasi JK Rowling dalam menulis novel. Foto : Ist
A+ A-
APA yang dirasakan dan dinikmati JK Rowling pasti melalui proses. Masa lalu tentunya sedikit banyak mempengaruhi karyanya.

Berikut ini fakta menarik JK Rowling :
1. Riwayat Keluarga
Rowling merupakan anak pasangan Peter James Rowling dan Anne Rowling. Ia memiliki adik perempuan yang dua tahun lebih muda darinya. Dalam beberapa tahun dari kelahirannya, keluarga Rowling pindah ke sebuah desa bernama Winterbourne, Inggris.

2. Pandai Menulis Cerita Sejak Kecil
Selama masa kanak-kanak, Rowling selalu tertarik untuk menulis cerita fantasi. Ia biasa membacakan cerita untuk adiknya. Cerita pertama yang ditulisnya adalah tentang kelinci yang mendapat campak dan dikunjungi teman-teman yang berbeda.

3. Mengidolakan Jessica Mitford
Rowling adalah murid St. Michael’s Primary School. Ketika berusia 9 tahun, ia pindah ke Tutshill, sebuah desa dekat Chepstow, South Wales. Selama masa awal remaja, bibi Rowling memberinya salinan autobiografi tua karya penulis  Jessica Mitford, berjudul Hons and Rebels. Setelah membaca buku ini, Rowling mengidolakan Mitford dan membaca semua buku-bukunya.
 
4. Belajar di Bidang Bahasa
Rowling adalah murid sekolah menengah Wyedean School and College. Setelah mendapat gelar BA dalam bahasa Prancis dan Sastra Klasik di Universitas Exeter, ia melanjutkan studi satu tahun di Paris. Rowling kemudian pindah ke London dan bekerja sebagai peneliti dan sekretaris bilingual untuk Amnesty International.

Sumber inspirasi Rowling untuk karakter novelnya :  
1. Albus Dumbledore
Rowling mengklaim bahwa kepala sekolah di sekolah dasarnya adalah inspirasi di belakang karakter Albus Dumbledore, kepala sekolah dalam cerita Harry Potter.

2. Hermione

Sahabat dekat Harry Potter ini didasarkan pada dirinya sendiri. Menurut Rowling, penampilan Hermione menyerupai dirinya di masa remaja, cerdas namun sedikit arogan.

3. Ron Weasley
Ron Weasley memiliki sedikit kemiripan dengan teman Rowling, Sean Harris. Teman laki-lakinya tersebut memiliki rambut merah dan berkarakter polos.

4. Dementor
Selama masa-masa sulit dalam hidup Rowling setelah berpisah dari suami pertamanya, ketika ia depresi, pikiran tentang penyakitnya mendatangkan inspirasi tentang Dementor, makhluk tanpa jiwa dalam Harry Potter. (Dwi Nur Ratnaningsih)
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top