Tampil di IN2MF 2023, Santri Pesantren Sunan Drajat Lamongan Hadirkan Koleksi dari Batik Madura

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 14:48 WIB
loading...
Tampil di IN2MF 2023, Santri Pesantren Sunan Drajat Lamongan Hadirkan Koleksi dari Batik Madura
Adillah Mahasin Thuba, santri Pesantren Sunan Drajat Lamongan tampil di Indonesia International Modest Fashion Festival 2023. Dia memamerkan koleksinya. Foto/Muhammad Sukardi
A A A
JAKARTA - Adillah Mahasin Thuba, santri Pesantren Sunan Drajat, Lamongan, Jawa Timur tampil di Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2023. Dia memamerkan koleksi rancangannya.

Sekolah di Pesantren Sunan Drajat tidak membuat minat Adillah pada fashion meredup. Malah setelah lulus SMA, dia melanjutkan pendidikan di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ambil program studi fashion.

Kemunculan koleksi pesantren di IN2MF 2023 adalah hal yang progresif. Ini menandakan bahwa dunia fashion tidak tertutup pada kelompok tertentu, justru modest fashion yang kini mendominasi pasar fashion Indonesia juga diminati pihak pesantren.

"Saya hadir di IN2MF 2023 kalau memang dapat menjadi inspirasi santri lain, ya, Alhamdulillah. Tapi, saya di sini untuk menyalurkan minat dan kalau disukai, Alhamdulillah," kata Adillah di JCC, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.



Di IN2MF 2023, Adillah membawa nama jenama Pondok Pesantren Sunan Drajat yaitu Ahwarumi Fashion. Koleksi yang dihadirkan bernama Anaya yang artinya gadis anggun dan cantik, diambil dari kata Sansekerta. Koleksi Anaya dari Ahwarumi Fashion terdiri dari empat looks runway.

Secara pandangan mata, fashion bikinan anak pesantren ini ditujukan untuk perempuan dewasa muda. Potongannya loose dengan permainan warna yang tidak berlebihan.

Merah marun menjadi warna dasarnya. Lalu, karena IN2MF 2023 ingin menonjolkan wastra nusantara, Adillah menggunakan batik Tanjung Bumi Madura berwarna coklat dengan aksen merah sebagai pemanis.

Adanya warna merah di batik Madura itu yang menjadi benang merah yang menyatukan koleksinya. Adillah menjelaskan, proses pembuatan koleksi ini tidak membutuhkan waktu lama. "Mulai dari gambar sampai finishing itu kurang lebih 2 minggu," jelasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)