3 Golongan Manusia yang Diharamkan Masuk Surga

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 20:19 WIB
loading...
3 Golongan Manusia yang Diharamkan Masuk Surga
Pada Hari Kiamat nanti akan ada berbagai macam golongan umat manusia disidang di pengadilan Allah. Foto/ilustrasi
A A A
Pada Hari Kiamat nanti akan ada berbagai macam golongan umat manusia disidang di pengadilan Allah. Mulai dari golongan yang beruntung karena mendapat naungan Allah, golongan yang diabaikan Allah, hingga golongan yang diharamkan masuk surga.

Setiap muslim yang beriman tentu tidak ingin menjadi golongan orang yang diharamkan masuk surga. Karena pada hari Kiamat nanti, semua manusia akan mempertanggung-jawabkan amalannya ketika hidup di dunia.

Dalam sebuah riwayat dari Ibnu Umar radhiyallahu 'anhu, Rasulullah ﷺ pernah bersabda yang artinya: "Ada tiga (golongan) orang yang Allah haramkan untuk masuk surga, yaitu (1) pecandu minuman keras, (2) orang yang berbuat durhaka (kepada orang tua), dan (3) mucikari yang membiarkan kekejian terjadi pada keluarganya." (HR Ahmad)

Dari Hadits ini bisa disimpulkan jika ketiga golongan tersebut dilaknat Allah hingga diancam tidak akan mendapatkan surga. Ketiganya termasuk dalam kategori dosa besar. Orang yang telah melakukan dosa itu tidak akan diampuni Allah kecuali ia taubat nashuha.

Tiga Golongan yang Tidak Dipandang Allah
Selain tiga golongan yang diharamkan masuk surga, ada pula orang-orang yang tidak dipandang Allah pada Hari Kiamat. Hal ini diterangkan dalam satu Hadis dari Abu Hurairah, Rasulullah ﷺ bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمْ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يَنْظُرُ إِلَيْهِم؛ْ رَجُلٌ حَلَفَ عَلَى سِلْعَةٍ لَقَدْ أَعْطَى بِهَا أَكْثَرَ مِمَّا أَعْطَى وَهُوَ كَاذِب،ٌ وَرَجُلٌ حَلَفَ عَلَى يَمِينٍ كَاذِبَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ لِيَقْتَطِعَ بِهَا مَالَ امْرِئٍ مُسْلِم،ٍ وَرَجُلٌ مَنَعَ فَضْلَ مَاءٍ فَيَقُولُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْيَوْمَ أَمْنَعُكَ فَضْلِي كَمَا مَنَعْتَ فَضْلَ مَا لَمْ تَعْمَلْ يَدَاكَ (رواه البخاري)

Dari Abu Hurairah bahwa Nabi ﷺ bersabda: "Ada tiga golongan yang Allah tidak mengajak mereka bicara pada hari Kiamat dan Allah juga tidak akan memandang mereka (yaitu) (1) Seseorang yang bersumpah dalam dagangannya sehingga bisa diberi lebih banyak daripada biasanya, dan ia dusta dalam sumpahnya. (2) Seseorang yang melakukan sumpah dusta setelah 'ashar dengan ambisi bisa mendapatkan harta orang muslim lainnya. (3) Dan seseorang yang menahan kelebihan air (tidak berbagi), sehingga Allah pada hari kiamat berfirman 'Saya sekarang menahan kurnia-Ku sebagaimana engkau pernah menahan kelebihan air yang kedua tanganmu tidak bekerja karenanya." (HR Al-Bukhari)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2670 seconds (0.1#10.140)