Bersih dan Sehat! Begini Cara Hilangkan Bau di Rumah

Senin, 30 Oktober 2023 - 21:40 WIB
loading...
Bersih dan Sehat! Begini Cara Hilangkan Bau di Rumah
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Untuk menjaga kesehatan keluarga, Anda harus tahu cara menghilangkan bau di rumah. Sebab, bau tidak enak adalah salah satu tanda adanya jamur dan bakteri yang berpotensi membahayakan kesehatan penghuni rumah.

Pastikan sirkulasi udara rumah aman bersih dan tidak tersumbat. Jangan lupa untuk membersihkan tempat-tempat lembap di dalam rumah.

Secara berkala, lakukan penyemprotan desinfektan agar tidak ada virus yang dapat menjangkiti penghuni rumah. Bersihkan pula kamar mandi seminggu sekali.

Selengkapnya, berikut ini adalah bahan-bahan dan cara menghilangkan bau tidak sedap di dalam rumah.


Cara Menghilangkan Bau di Rumah

1. Cari Sumber Bau

Cari area lembab seperti kamar mandi dan periksa pertumbuhan jamur di tirai kamar mandi, kebocoran sekitar wastafel, bak mandi dan toilet yang dapat menimbulkan bau tak sedap.

Periksa pula kebocoran di sekitar wastafel, bawah lemari es hingga tempat sampah. Sebab, jamur dapat tumbuh di bawah lapisan kantong sampah lembap. Jangan lupa periksa tempat pakaian dan cucian kotor. Bila sumber bau sudah ditemukan, segera lakukan pembersihan.

2. Periksa Sirkulasi Udara

Bau dalam rumah menandakan adanya kesalahan pada sirkulasi udara. Buka jendela dan pintu serta bersihkan kipas angin. Jangan lupa untuk membersihkan air cooler dan juga air conditionersecara berkala.

3. Gunakan Kapur Barus

Bau tak sedap di dalam ruangan bisa dihilangkan dengan kapur barus atau kamper. Penggunaan kamper atau kapur barus ini sangat efektif dalam mencegah aroma tak sedap di dalam ruangan. Selain itu, kapur barus juga berguna mencegah lembap berlebih di beberapa sudut ruangan.

4. Lilin Aromaterapi

Selain ampuh untuk mengusir bau tak sedap, lilin aromaterapi tersebut juga mampu memberi efek-efek positif bagi tubuh, seperti wangi lavender yang menenangkan, wangi citrus lemon yang menyegarkan, maupun wangi melati yang ampuh membuat suasana jadi lebih baik.

5. Cuka

Jika bau tak sedap berasal dari asap rokok, cara menghilangkannya bisa menggunakan cuka. Caranya cukup sederhana yaitu dengan meletakkan wadah kecil berisi cuka makanan di sudut ruang. Diamkan semalaman hingga bau rokok benar-benar hilang.

6. Abu Gosok

Bila sumber bau berasal dari dapur atau sekitar ruangan yang terdapat tempat sampah, Anda bisa menggunakan abu gosok. Caranya sangat mudah, cukup taburkan abu gosok ke dekat sumber bau, maka bau tak sedap akan hilang dengan sendirinya.

7. Rempah-Rempah

Di Indonesia, terdapat beragam jenis rempah yang mudah ditemukan. Ternyata, menggunakan rempah bisa menjadi cara menghilangkan bau tak sedap di dalam ruangan yang efektif. Cukup mencampurkan rempah-rempah seperti cengkeh dan beberapa iris jeruk, bubuk kayu manis, serta aneka bumbu lainnya ke dalam panci.

Selanjutnya, panaskan di atas api kecil, jika sudah panas angkat dan letakkan di ruangan yang aromanya kurang sedap. Maka aroma khas dari rempah akan dengan cepat memenuhi ruangan tersebut.

8. Kopi

Khasiat kopi menghilangkan bau tidak perlu ditanyakan lagi. Kopi tersebut bisa berupa biji atau bubuk. Cukup siapkan kopi dalam wadah-wadah kecil tapi tidak perlu ditutup, dan letakkan di sudut-sudut ruangan.

9. Baking Soda

Bila penyebab bau tak sedap berasal dari asap rokok pada permukaan gorden, tembok, meja atau kursi, maka cara ampuh untuk menghilangkan bau tersebut dengan mengelapnya menggunakan kain yang sudah diberi larutan baking soda.

Caranya, larutkan baking soda dengan air. Lalu basahi kain selama beberapa saat, kemudian lap sumber bau dengan kain tersebut. Diamkan setengah jam, tapi jangan lupa bilas dengan lap yang dibasahi air bersih.

Itulah cara menghilangkan bau di rumah agar terhindar dari bakteri dan jamur yang membahayakan kesehatan. Dapatkan berbagai keperluan rumah tangga dan gaya hidup di AladinMall. Nikmati pula fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1877 seconds (0.1#10.140)