alexa snippet

Waspada! Penularan Penyakit Banyak Terjadi di Pesawat

Waspada! Penularan Penyakit Banyak Terjadi di Pesawat
Waspada! Penularan Penyakit Banyak Terjadi di Pesawat. (Ilustrasi).
A+ A-
JAKARTA - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penularan penyakit banyak terjadi di pesawat. Bahkan, penumpang pesawat terbang 20% berisiko lebih tinggi terserang penyakit menular. Hal ini disebabkan oleh suhu udara yang dingin dan sirkulasi udara yang tidak normal.

Direktur medis dan wakil ketua pengobatan darurat di Lahey Medical Center-Peabody, Massachusetts, Dr. Mark Genderau mengatakan, sirkulasi udara atau ventilasi udara di pesawat yang tidak normal bisa menyebabkan virus di udara tidak cepat keluar.

"Virus di udara yang tidak terlihat akan keluar saat pesawat berhenti dan pintu terbuka, di saat itu pergantian udara akan menghapus seluruh virus di dalam pesawat," papar Gendreau.

Dilansir dari Cosmopolitan, saat pesawat sedang terbang kemungkinan besar virus yang terdapat pada udara terhidup dan masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini khususnya lebih rentan pada mereka yang memiliki imunitas tubuh yang tidak baik sehingga berisiko mengalami sakit.

Kondisi ini pun diperparah dengan suhu AC dalam pesawat yang dingin. Agar virus tidak masuk dengan mudah, Gendreau pun menyarankan untuk menggunakan masker mulut. Selain itu penting juga untuk tidak lupa menjaga daya tahan tubuh sebelum melakukan perjalanan udara.
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top