Sandiaga Uno: Event Berkualitas Salah Satu Cara Pikat Wisatawan Jepang Berkunjung ke Indonesia

Senin, 30 Oktober 2023 - 22:22 WIB
loading...
Sandiaga Uno: Event Berkualitas Salah Satu Cara Pikat Wisatawan Jepang Berkunjung ke Indonesia
Sandiaga Uno mengatakan, gelaran acara atau event berkualitas yang diselenggarakan di daerah-daerah di Indonesia merupakan salah satu cara untuk menarik wisatawan dari Jepang. Foto/MPI/Kiki Oktaliani
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, gelaran acara atau event berkualitas yang diselenggarakan di daerah-daerah di Indonesia merupakan salah satu cara untuk menarik wisatawan dari Jepang.

“Salah satunya adalah event. Acara seperti Jogja Cultural Wellness Festival merupakan salah satu yang menarik wisatawan dari Jepang. Acara-acara berkualitas ini bisa menarik minat dan wisatawan dari Jepang,” kata Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2023).

Menurut Menparekraf, wisatawan asal Jepang adalah wisatawan berkualitas karena periode tinggal yang lama dan juga banyak berbelanja produk-produk dalam negeri. Melalui gelaran the 6th Tourism Expo Japan (TEJ) Ministerial Round Table yang diselenggarakan di Osaka pada Kamis (26/10/2023), peningkatan jumlah wisatawan dari Jepang ke Indonesia juga menjadi salah satu fokus yang tengah diupayakan Kemenparekraf saat ini.

“Kita fokus untuk peningkatan jumlah wisatawan dari Jepang yang belum kembali ke angka yang pernah kita capai sebelum pandemi,” ujar Sandiaga.

Berdasarkan data yang ada, Menparekraf mengungkapkan, telah ada 150 ribu dari target 160 ribu wisatawan Jepang yang berwisata ke Indonesia. Hal tersebut dianggap masih jauh di bawah angka yang pernah dicatat sebelum terjadi pandemi Covid-19, yaitu sebanyak 520 ribu di tahun 2019.

“Di tahun 2024-2025 kita akan tingkatkan jumlah konektivitas agar banyak wisatawan dari Jepang yang datang. Sekarang lebih banyak wisatawan Indonesia yang ke Jepang, dan kita ingin rasionya sama seperti pandemi yaitu dua banding satu,” beber Sandiaga.

Meskipun menargetkan banyak kunjungan wisatawan Jepang untuk kembali ke Tanah Air, Sandi menegaskan, untuk tetap memperhatikan aspek over tourism serta menjalankannya sesuai dengan konsep pariwisata green tourism.

“Kita mendemonstrasikan komitmen bahwa kita menjaga pariwisata yang berkelanjutan atau pariwisata hijau,” katanya.

Sandiaga juga berharap ke depannya akan ada penerbangan langsung dari Tokyo ke Yogyakarta yang menjadi salah satu kota atau daerah favorit wisatawan Jepang saat berkunjung ke Indonesia.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)