Sandiaga Uno Soroti Insiden Maut di Jembatan Kaca Banyumas, Tak Miliki Izin Usaha

Selasa, 31 Oktober 2023 - 01:42 WIB
loading...
Sandiaga Uno Soroti Insiden Maut di Jembatan Kaca Banyumas, Tak Miliki Izin Usaha
Insiden jembatan kaca The Geong di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang terjadi pada Rabu (25/10/2023) lalu tak lepas dari sorotan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. Foto/MPI/Kiki Oktaliani
A A A
JAKARTA - Insiden jembatan kaca The Geong di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang terjadi pada Rabu (25/10/2023) lalu tak lepas dari sorotan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Sandiaga mengungkapkan, jembatan kaca The Geong di kawasan Hutan Pinus Limpakuwus, Kabupaten Banyumas, ternyata tidak mengantongi izin usaha. Bukan hanya jembatan kaca The Geong, Menparekraf juga menyebut bahwa Hutan Pinus Limpakuwus belum melakukan resertifikasi CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Wisata alam hutan pinus telah bersertifikasi CHSE tahun 2021 dengan kategori daya tarik wisata. Namun, sangat disayangkan saat ini pihak wisata alam Hutan Pinus Limpakuwus belum melakukan resertifikasi, dan ternyata wahana jembatan kaca The Geong juga belum mengantongi izin usaha,” papar Sandiaga Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (30/10/2023).



Kepala Disporabudpar Kabupaten Banyumas Setia Rahendra mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banyumas telah menghentikan secara serentak objek wisata yang berpotensi menimbulkan kecelakaan.

“Bapak Pj. Bupati Banyumas langsung mengambil langkah-langkah. Pertama mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada pelaku-pelaku usaha pariwisata supaya memenuhi standar kelayakan terhadap objek-objek wisata yang ada di Kabupaten Banyumas. Kedua, menghentikan secara serentak semua objek wisata yang berpotensi menimbulkan kecelakaan, karena ada beberapa tempat wisata yang menggunakan jembatan kaca, untuk ditutup sampai ada evaluasi kelayakan atau layak fungsi terhadap objek wisata,” papar Setia Rahendra pada kesempatan yang sama.

Terkait sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE), Sandi mengingatkan kembali agar tak hanya dijadikan slogan, tetapi penting untuk diterapkan.

“Dalam sertifikasi CHSE ada poin safety atau keselamatan yang harus kita junjung tinggi. Bukan hanya dijadikan slogan, tapi penting diterapkan. Kita perlu turun tangan semua pihak, agar liburan di Indonesia aman dan nyaman,” pungkas Sandiaga.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2547 seconds (0.1#10.140)