Bikin Outfit Makin Kece, Ternyata Ini Fakta Menarik Celana Denim!

Selasa, 31 Oktober 2023 - 17:00 WIB
loading...
Bikin Outfit Makin Kece, Ternyata Ini Fakta Menarik Celana Denim!
Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Mau outfit terlihat kece? Gampang, padukan saja celana denim dengan baju kesayangan Anda! Selain mudah dipadupadankan, ternyata ada sederet fakta celana denim yang menarik untuk diketahui lho!

Sebagai produk budaya yang sudah berusia sekitar tiga ratus tahun, celana jeans telah mengalami evolusi dalam mengikuti perubahan mode dari masa ke masa, hingga menjadi seperti celana seperti yang kita kenal seperti sekarang ini.

Penasaran bagaimana sejarah celana jeans dan sederet fakta menarik lain? Simak ulasannya berikut ini!

Fakta Menarik Celana Denim

1. Ditemukan di Genoa Italia

Bahan untuk membuat celana jeans pertama kali ditemukan di Kota Genoa, Italia. Denim Hunter menuliskan, nama jeans diyakini berasal dari kata Genes atau orang-orang yang Genoa yang datang dari Italia. Genoa sendiri adalah pusat perdagangan terkenal pada abad ke-17 di dunia.



Pada masa itu, para penjelajah dan pedagang dari dari sana menjual barang-barang mereka ke seluruh Eropa, terutama ke Inggris dan Prancis. Salah satu hal yang membuat Genoa menjadi populer adalah kain katun biru tua yang kokoh, dan sangat cocok untuk membuat pakaian kerja yang sulit bagi nelayan, pelaut, pekerja dok, dan penambang.

2. Dulunya Dipakai para Penambang Emas

Sejarah evolusi dan perkembangan celana jenis ini tidak terlepas dari para penambang emas yang bekerja di wilayah di California, Amerika Serikat. Ketika itu, sekitar tahun 1840-an banyak penambang yang beramai-ramai mendulang emas di kota tersebut.

Karena sering melakukan aktivitas fisik, maka celana mereka cepat rusak. Para penambang pun mulai mencari bahan yang kuat dan tidak gampang robek, maka digunakanlah bahan dari denim yang memiliki tekstur tebal dan kuat.

3. Warna Birunya Berasal dari Tumbuhan Indigofera

Adapun warna biru denim sendiri baru populer setelah pakaian jeans mulai eksis. Warna tersebut berasal dari pewarna biru indigo yang memberikan warna biru khas pada kain denim, bahan yang digunakan untuk membuat jeans. Hal inilah yang menjadi karakteristik khusus yang membedakan biru denim dari biru lainnya.

4. Tidak Boleh Digunakan di Korea Utara

Mengutip Insider, Korea Utara selain melarang pemakaian celana denim juga melarang tindikan, cat warna, dan potongan rambut tertentu, serta mantel kulit. Mode pakaian tersebut, menurut Kim Jong Un, merupakan tren dari barat serta bentuk imperialisme Amerika ke Korea Utara.

5. Dipatenkan Tahun 1873

Pembuatan hak paten celana jeans pertama kali dilakukan oleh Jacob Davis, seorang penjahit dari Nevada, dan Levi Strauss, pemilik kain grosir rumah di San Fransisco pada 1873, yang jenamanya sekarang dikenal di seluruh dunia.

Jeans klasik yang paling dikenal seperti saat ini pada awalnya terbuat dari denim celup indigo dengan saku dan paku keling di sudut-sudutnya. Celana itu merupakan hasil inovasi dari Jacob yang membuatnya menjadi kokoh dan cocok untuk pakaian kerja harian para penambang emas.

Itulah beberapa fakta menarik terkait celana denim. Setidaknya, Anda harus memiliki satu buah celana denim di lemari karena modelnya nggak akan termakan zaman. Nah, belinya di AladinMall aja karena ada harga superhemat sekaligus gratis ongkir tanpa batas!

Penasaran? Makanya, download aplikasi AladinMall sekarang juga di Google Play Store dan App Store supaya nggak ketinggalan promo menarik yang berlangsung setiap hari!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)