alexa snippet

Yuk, Buat Camilan Sehat Lumpia Soun Siang Ini

Yuk, Buat Camilan Sehat Lumpia Soun Siang Ini
Lumpia Soun bisa menjadi cemilan yang menggugah selera saat berkumpul bersama kjeluarga di siang ini. Cara membuatnya pun mudah. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Pemilihan   camilan   yang   baik   untuk   kesehatan   serta  perkembangan   gigi   anak   dan keluarga memang harus tepat. Salah  satunya dengan memilih, mengolah, dan menyajikan camilan yang memiliki tekstur tepat dan kandungan gizi seimbang untuk kesehatan gigi dan mulut.

Lumpia Soun misalnya. Menu yang satu ini menjadi camilan bergizi yang baik untuk kesehatan gigi  anak. Dalam keterangan resmi yang diterima SINDOnews, berikut cara membuat Lumpia Soun untuk 10 porsi :

Bahan:
150 gr soun rebus (pengganti rebung)
10 lembar kulit lumpia
3 sdm kecap asin
3 sdm kecap manis
3 sdm gula pasir
15 buah jamur kancing segar iris dadu kecil
2 buah wortel iris dadu kecil
1 buah bawang bombay iris dadu kecil
1 sdt garam
1 sdt lada bubuk
1 sdt kaldu ayam bubuk
500 gr daging ayam cincang
150 gr udang kupas cincang
3 butir telur ayam kocok lepas

Cara membuat  :
Panaskan minyak sayur secukupnya   di wajan yang agak besar. Masukkan   irisan   bombay   sampai   layu, kemudian masukkan irisan jamur dan wortel sampai berubah warna. Masukkan  kocokan   telur,   aduk   sampai hancur.

Tambahkan daging   ayam   cincang sambil diaduk dengan api  sedang sampai daging   berubah   warna, masukkan garam dan lada. Tumis sekitar 5 menit.

Kecilkan api, masukkan soun, kecap asin, kecap manis, dan gula pasir. Aduk sampai merata,   tambahkan sedikit air untuk menjaga kelembaban,  aduk dan tutup sebentar wajan (sekitar 5-8menit). Masukkan udang   cincang.   Aduk   lagi sampai   merata   dan   udang   terlihat matang. Angkat dan diamkan.

Siapkan   kulit   lumpia   dalam   lembaran,  masukkan isian di atas lembaran kulit lumpia. Lipat  seperti   gulungan, rekatkan dengan larutan tepung tapioka yang dicampur air dingin dan panaskan  sebentar  hingga  sedikit mengental.

Panaskan minyak goring, masukkan  lumpia   sampai   berubah   warna menjadi   kuning   keemasan,   angkat, tiriskan. Sajikan   dengan   pelengkap sperti batang daun  bawang  merah  yang  kecil, acar timun, cabai rawit hijau.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top