alexa snippet

Tips Membersihkan Miss V dengan Benar

Tips Membersihkan Miss V dengan Benar
Miss V atau vagina merupakan organ intim wanita yang memerlukan perawatan khusus. Foto/Ilustrasi/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Miss V atau vagina merupakan organ intim wanita yang memerlukan perawatan khusus. Lalu, bagaimana cara agar bagian sensitif ini tetap sehat dan terjaga kebersihannya?

Sejumlah perempuan percaya menggunakan aneka pembersih yang mengandung wewangian mampu membersihkan organ intim secara maksimal. Salah satunya menggunakan daun sirih.

Wakil Ketua Perkumpulan Wanita Menoupose Dr Ni Komang Yeni DS SpOG mengatakan mandi menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan Miss V. Sebab, bisa membersihkan bagian sensitive tersebut. Namun, sabun yang digunakan tidak bisa sembarangan, tetapi harus dilihat kadar Ph-nya atau boleh menggunakan sabun yang tidak mengandung triclosan.

"Basuh vagina kapan saja, asal menggunakan bahan yang baik setiap kali berkemih. Biasanya saat kita mandi, ya harus kita basuh. Yang boleh digunakan untuk vagina adalah sabun pencuci vagina yang tidak mengandung triclosan karena dia akan membunuh lactobacilus yang menjaga ph vagina dalam tetap normal. Jadi kalau beli harus lihat komposisinya," kata Dr Ni Komang di Jakarta.

Tidak hanya itu,membersihkan Miss V cukup sehari dua kali. Hal itu tidak membuat vagina merasa baudan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya atau masuknya bakteri. “Mandi dua kali sehari juga dibasuh dan dibersihkan dengan cairan khusus vagina," katanya.

Sementara, untuk daun sirih sangat baik untuk membersihkan vagina. Sebab, daun sirih ini memiliki kandungan yang sehat dan aman untuk vagina. Tapi Anda pun harus melihat air yang digunakan saat membersihkan vagina dengan daun sirih ini.

"Kalau airnya sudah bersih ya oke saja, tapi perlu diingat, itu hanya antiseptic, hanya untuk menjaga. Sedangkan kalau sudah mengalami keputihan, sudah enggak bisa pakai antiseptik," tukasnya.
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top