alexa snippet

Khasiat Pisang untuk Penderita Diare Akut

Khasiat Pisang untuk Penderita Diare Akut
Pisang memiliki banyak manfaat, salah satunya mengatasi diare akut. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Pisang tak hanya bermanfaat sebagai asupan biasa yang masuk ke dalam tubuh. Buah berwarna kuning berbentuk panjang ini memiliki peran penting, khususnya bagi penderita diare akut.

DR Dr Ariani Dewi Widodo Sp A(K) mengatakan pisang memiliki khasiat yang tinggi dalam menangani masalah perut terkait buang-buang air. Ini karena pisang memiliki kandungan kalium dan pectin.

"Ada satu jenis buah yang memang baik, seperti pisang itu mengandung banyak kalium dan pektin. Seperti diketahui, pektin itu berfungsi untuk mengentalkan," kata Dr Ariani di Jakarta.

Saat mengkonsumi pisang, mereka yang menderita diare akut akan mendapatkan buang air besar yang padat sehingga membuat proses penyembuhan diare lebih cepat.

"Pektin dan kalium merupakan karbohidrat kompleks alami yang ditemukan pada dinding sel semua tumbuhan dengan jumlah bervariasi. Nah, Itu cukup baik untuk diare. Jadi, buang airnya lebih padat, enggak cair," beber dia.

Namun, pisang saja tidak cukup. Dr Ariani juga menyarankan agar meningkatkan makanan dan minuman dengan memiliki gizi yang tinggi. Antara lain susu dan sayuran sehingga tubuh mendapat asupan nutrisi yang seimbang.

"Mitosnya diare itu enggak boleh makan susu, padahal itu bikin anak kurang gizi. Kalau diberikan makanan eksrak, makanan yang lebih mudah diserap, tapi harus makan, kayak tadinya makan nasi, kemudian diganti dengan bubur daripada nasi," terangnya.
(tdy)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top