alexa snippet

Agar Tetap Sehat, Ini Pengganti Gula sebagai Pemanis Alami

Agar Tetap Sehat, Ini Pengganti Gula sebagai Pemanis Alami
Banyak cara untuk tetap menikmati makanan atau minuman manis tanpa harus takut diabetes dan obesitas. (stefderoux)
A+ A-
JAKARTA - Rasanya yang manis membuat gula disenangi banyak orang. Apalagi bagi pecinta rasa manis, mereka akan menambahkan gula di berbagai makanan dan minuman yang akan disantapnya. Sayangnya, terlalu banyak mengonsumsi manis bisa memicu berbagai macam masalah kesehatan.

Salah satunya diabetes dan obesitas. Kondisi ini terjadi ketika kadar glukosa dalam darah akan meningkat drastis sehingga terjadi penumpukan lemak yang membutuh tubuh menjadi gemuk. Namun, kondisi tersebut bisa dicegah dengan cara mengganti gula dengan bahan alami.

Berikut pemanis buatan alami yang bisa digunakan sebagai pengganti gula seperti dilansir dari Prevention.

1. Kayu manis
Kayu manis merupakan pemanis alami tanpa kandungan kalori. Anda pun bisa menggunakannya dalam bentuk bubuk kayu manis. Penelitian dari Human Reserch Centre menunjukkan bahwa setengah sendok teh bubuk kayu manis tidak akan menyebabkan resistensi insulin.

2. Jus jeruk
Masyarakat di negara bagian Arizona kerap menggunakan jus jeruk sebagai pemanis alami. Mereka mencampurkan jus jeruk dalam kopi. Selai jus jeruk, Anda juga bisa memanfaatkan kulit jeruk yang sudah diparut dan campurkan ke dalam kopi. Jeruk mengandung vitamin C sebesar 155%.

3. Ekstrak vanila
Dibandingkan sirup vanila, ekstrak vanila memiliki kandungan 0 kalori dan 0 gula. Sementara sirup vanila mengandung 80 kalori dan 20 gram gula.
(alv)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top