Makanan Sehat, Ayam Crispy Panggang dengan Campuran Sayuran

Selasa, 19 September 2017 - 07:19 WIB
Makanan Sehat, Ayam Crispy Panggang dengan Campuran Sayuran
Makanan Sehat, Ayam Crispy Panggang dengan Campuran Sayuran
A A A
JAKARTA - Menyiapkan makanan untuk santap siang tentu dibutuhkan hidangan yang lezat dan cepat dalam membuatnya. Meski begitu, variasi dalam membuat masakan juga diperlukan agar anggota keluarga Anda tidak bosan dan tetap bersemangat dalam saat makan siang.

Ayam crispy panggang dengan campuran kol pun jadi hidangan yang sehat dan bergizi. Makanan inipun sangat disukai oleh anak-anak dan keluarga . Mengutip Taste.com.au berikut cara membuat ayam panggang crispy campuran Kol.

Bahan-bahan:
1 liter buttermilk (mentega susu)
1 sdm bumbu cajun atau biasa dikenal bumbu rempah
4 potong ayam bagian paha
3/4 sdm cornflake
minyak zaitun secukupnya
1 bh kentang yang telah diiris dan dikupas bagian kulitnya
1/4 sdm yoghurt polos
2st gula merah
1sdt mustard
1/2 bh kol hijau yang telah diiris halus
1bh wortel yang telah diparut
1/4sdt bubuk kuah instan
3/4 liter air
Bubuk gravy secukupnya.

Cara membuat:
Campurakan 1 gelas buttermilk (mentega susu) dan bumbui dengan cajun (bumbu campuran rempah-rempah) ke dalam mangkok ukuran sedang. Tambahkan ayam. Agar ayam terlapisi dengan merata oleh campuran bumbu dan susu mentega itu.

Lalu dibungkus dengan plastik wrap. Kemudian diamkan (diungkep) dalam lemari pendingin selama 6 jam.

Panaskan oven sekitar 220C/200C dengan tekanan udara menyala. Siapkan loyang untuk memanggang yg telah dilapisi kertas roti (kertas khusus memanggang).

Letakan tepung roti dalam piring. Ambil 1 paha ayam bagian bawah dari ungkepan. Tambahkan ke dalam tepung roti dan gulungkan hingga merata. Kembali letakkan di atas loyang yang telah disiapkan.

Ulangin langkah diatas untuk setiap bagian ayam yang masih ada. Tambahkan dengan minyak zaitun. Kemudian panggang selama 45 sampai 50 menit atau sampai semua daging ayam mantang.

Selama menunggu proses pemanggangan, siapkan kentang di dalam panci penggorengan kecil. Isi dengan air dingin. Kemudian didihkan di atas api sedang selama 12 menit atau hingga kental. Keringkan.

Kembalikan ke panci. Goyangkan panci diatas api sedang selama 1 menit atau hingga meresap. Biarkan menguap. Hilangkan panas. Tambahkan sebagian dari sisi buttermilk dan cuci kentang hingga bersih dan hancurkan hingga lembut, menggunakan sendok kayu.

Lembutkan dengan menggunakan butter milk. Kemudian beri garam dan lada. Serta , Campurkan yogurt, gula dan mustard ke dalam mangkok besar.

Masukan kol dan wortel. Lalu aduk rata. Bumbui dengan garam dan lada. Aduk bubuk gravy dan didihkan air secara bersamaan di dalam teko antipanas. Sajikan ayam dengan salad kol dan wortel, kentang halus dan bumbu gravy. Ayam Panggang Crispy campuran sayuran pun siap disantap.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7287 seconds (0.1#10.140)