Studi: Lampu Jalan Bisa Sebabkan Kanker Payudara

Kamis, 21 September 2017 - 15:27 WIB
Studi: Lampu Jalan Bisa Sebabkan Kanker Payudara
Studi: Lampu Jalan Bisa Sebabkan Kanker Payudara
A A A
INGGRIS - Gemerlapnya lampu disepanjang jalan terlihat begitu indah pada malam hari. Namun, tahukan Anda bahwa berdasarkan penelitian lampu jalan bisa menyebabkan kanker payudara.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Enviromental Health Perspectives menunjukkan bahwa wanita yang lebih sering di luar saat malam hari, berisiko lebih tinggi mengalami kanker payudara.

"Hasil penelitian ini menemukan bahwa paparan besar terhadap lampu luar ruangan di malam hari dapat memicu risiko kanker payudara," kata peneliti Peter James.

Dilansir laman Medical Daily, penelitian ini menggunakan data kesehatan pada 109.672 wanita. Responden mendapatkan sorotan lampu di luar ruangan saat malam hari dan dilakukan sejak 1989 hingga 2013. Risiko ini hanya ditemukan pada wanita pada masa pra menopause dan sempat menjadi perokok.

Peneliti juga menemukan risiko yang sama pada kelompok perawat yang bekerja saat shift malam. Kaitan antara keduanya disebabkan terganggunya irama sirkadian tubuh. Terlebih, penelitian sebelumnya menemukan lampu di malam hari, memproduksi hormon melatonin sehingga tubuh sulit memiliki jam tidur.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6313 seconds (0.1#10.140)