Kembangkan Kemampuan Klinis di Indonesia, Siloam Jalin Kerja Sama dengan Asan Medical Center Korea Selatan

Jum'at, 03 November 2023 - 10:00 WIB
loading...
Kembangkan Kemampuan Klinis di Indonesia, Siloam Jalin Kerja Sama dengan Asan Medical Center Korea Selatan
Grup RS Siloam dan Asan Medical Center, Seoul, Korea Selatan, telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk memperluas serta mengembangkan kapabilitas klinis di Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Grup RS Siloam (Siloam) dan Asan Medical Center (AMC) Seoul, Korea Selatan, telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk memperluas serta mengembangkan kapabilitas klinis di Indonesia. Kerja sama ini memungkinkan Siloam dan AMC untuk menjadi penyedia layanan kesehatan kolaboratif, termasuk perawatan bersama pasien dan rujukan pasien, serta pertukaran staf medis dan peneliti.

"Grup RS Siloam dan Asan Medical Center memiliki tujuan yang sama dalam upaya kami untuk meningkatkan kesehatan dan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat. Hal ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk membangun kerja sama yang saling menguntungkan," kata Sook-kyung Sung, Ketua Tim dan Manajer Umum Asan Medical International, dalam konferensi pers di Jakarta belum lama ini.

"Kami sangat senang dapat memulai kolaborasi strategis dengan Siloam, salah satu operator layanan kesehatan swasta terbesar di Indonesia yang memiliki standar internasional dan keahlian yang mendalam di bidang medis," tambahnya.

AMC telah menjadi yang terdepan dalam pengembangan medis di Korea Selatan sejak didirikan pada 1989. Sebagai kompleks medis terbesar di Korea, AMC memiliki 2.732 tempat tidur, 50 pusat spesialisasi, dan 56 departemen klinis yang memberikan perawatan kepada rata-rata 13.857 pasien rawat jalan dan 2.491 pasien rawat inap setiap hari.

Selain itu, AMC juga melakukan lebih dari 70.000 operasi kompleks setiap tahun. AMC telah menerima pengakuan yang signifikan atas pencapaian klinisnya, terutama di bidang transplantasi organ, kanker, dan penyakit jantung, dengan 1 dari 4 transplantasi dan 1 dari 9 operasi kanker di Korea dilakukan di AMC.

Sementara itu, sejak didirikan 25 tahun lalu, Grup RS Siloam Indonesia telah memiliki misi untuk menjadi destinasi pilihan terpercaya untuk layanan kesehatan holistik berkelas dunia, edukasi kesehatan dan penelitian. Dengan visi untuk menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas internasional, terjangkau, terukur, dan dilandasi kasih sayang Ilahi, kerja sama ini akan semakin memperkuat komitmen Grup RS Siloam untuk menyediakan layanan kesehatan berkualitas internasional di Indonesia.

Siloam dikenal sebagai rumah sakit yang mengoperasikan beberapa rumah sakit di Indonesia seperti MRCCC di Jakarta Selatan dan pusat neurosains pertama di Indonesia, RS Siloam Lippo Village di Tangerang.

Saat ini, Siloam merupakan satu-satunya rumah sakit swasta yang masih melakukan prosedur transplantasi ginjal melalui Siloam ASRI dan telah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan sebagai pusat transplantasi ginjal. Rumah sakit ini telah melakukan lebih dari 300 transplantasi ginjal hingga saat ini dengan tingkat kelangsungan hidup 1 tahun sebesar 96%.

Hubungan kerja sama strategis dengan AMC menunjukkan komitmen Siloam untuk terus memperkuat program klinis dan hasil medisnya. Kedua belah pihak dapat saling meningkatkan pengetahuan dalam kasus-kasus yang kompleks, meningkatkan kesadaran, eksposur, dan pengalaman tim medis di berbagai bidang medis, serta banyak keuntungan lain.

Selain itu, para dokter serta ahli medis dari Siloam dan AMC dapat memperoleh manfaat dari penelitian dan pelatihan klinis.

Siloam mengelola jaringan yang luas dengan 41 rumah sakit yang tersebar di 23 provinsi di Indonesia dan melayani lebih dari 3 juta pasien setiap tahun. Dengan memanfaatkan keahlian klinis AMC yang canggih, Siloam dapat berkolaborasi dalam pelatihan bersama, penelitian dan uji klinis bersama, kunjungan lapangan, serta transfer pengetahuan akademis.

"Dalam usaha kami untuk terus meningkatkan pelayanan yang kami berikan, kami berupaya untuk menyediakan pusat unggulan untuk meringankan kebutuhan medis di negara ini. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk meningkatkan kemampuan medis yang sudah ada dan membangun kemampuan medis yang baru," papar Direktur Utama Siloam Caroline Riady pada kesempatan yang sama.

"Sementara Siloam terus mengembangkan kemampuan medisnya yang komprehensif, kami berharap kolaborasi antara Siloam dan AMC juga akan meluas ke layanan lainnya," pungkasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)