5 Hewan dengan Gigi Terbanyak, Nomor Terakhir Mengejutkan

Jum'at, 03 November 2023 - 16:56 WIB
loading...
5 Hewan dengan Gigi Terbanyak, Nomor Terakhir Mengejutkan
Ada sejumlah hewan dengan gigi terbanyak. Salah satunya adalah siput. Foto/CDHP Dental Health Project
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah hewan dengan gigi terbanyak yang bisa diketahui. Selain untuk mengunyah makanan, gigi hewan juga berfungsi sebagai senjata untuk menangkap mangsa.

Setiap hewan memiliki ciri dan karakteristiknya masing-masing. Ada yang punya moncong panjang, kulit kuat, hingga gigi banyak sekalipun.

Melihat banyaknya jenis hewan di dunia, ada beberapa yang diketahui memiliki gigi terbanyak. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut di antaranya.

Hewan dengan Gigi Terbanyak


1. Opossums Virginia


Opossums Virginia memiliki gigi yang sangat banyak untuk mamalia. Giginya itu berfungsi mengoyak makanan dan menjadi pertahanan dari ancaman musuh.



Hewan ini memiliki sekitar 50 gigi yang tajam dan runcing. Namun, karena tumbuh jauh ke dalam rahang, giginya yang patah tidak bisa terus-menerus berganti.

2. Armadillo Raksasa


Giant Armadillo memiliki bentuk yang cukup menarik. Dalam bahasa Spanyol, Armadillo sendiri berarti ‘si kecil lapis baja’.

Mengutip Wildlife Informer, Armadillo memiliki gigi yang terbilang banyak. Jumlahnya bahkan bisa mencapai antara 80 hingga 100 sekaligus.



Berbeda dengan mamalia lain, Armadillo punya gigi sederhana yang disebut homodont. Bukan untuk menangkap mangsa, mereka lebih sering memakainya untuk mengunyah makanannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1944 seconds (0.1#10.140)