Pesona Selat Lembeh Siap Digelar di Bitung pada 6-10 Oktober 2017

Rabu, 27 September 2017 - 00:08 WIB
Pesona Selat Lembeh Siap Digelar di Bitung pada 6-10 Oktober 2017
Pesona Selat Lembeh Siap Digelar di Bitung pada 6-10 Oktober 2017
A A A
BITUNG - Festival Pesona Selat Lembeh 2017 Siap Digelar

Pemerintah Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) siap menggelar Pesona Selat Lembeh 2017 pada 6—10 Oktober 2017. Tema yang diangkat dalam festival tahunan itu kali ini adalah Warna Warni Pesonal Bitung alias Colorful Bitung.

Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri menjelaskan, penyelenggaraan acara tahunan Festival Pesona Selat Lembeh ini bukan tanpa alasan. Festival ini nantinya dipusatkan di Pelabuhan Satkamla Lantamal VIII, Kota Bitung.

“Festival tahunan ini diselenggarakan untuk mempromosikan sekaligus mengukuhkan Kota Bitung sebagai wisata alternatif baru yang layak diperhitungkan di Sulut,” papar dia, Selasa (26/9/2017).

Menurut Maurits, Selat Lembeh adalah selat di Kota Bitung yang menghubungkan daratan utama Pulau Sulawesi dengan Pulau Lembeh, dan bisa ditempuh menyeberang dengan kapal ferry selama 10 menit. Selat Lembeh adalah salah satu destinasi diving dunia berkat keberadaan critters unik yang hanya ada di Bitung, muck diving terbaik dunia dan dikenal sebagai The Mecca of Macro Photography.

“Nantinya festival terdiri atas sejumlah acara unggulan. Seperti parade kapal nelayan/pakura hias, lomba renang Selat Lembeh, festival tuna, lomba lari 10 K, pagelaran budaya, lomba masak nasi bulu cakalang, dan tuna woku,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bitung Max Lomban menjelasakan, Festival Pesona Selat Lembeh yang telah diadakan sejak 2009, awalnya merupakan wujud rasa syukur para nelayan, dan pengusaha ikan atas hasil laut yang berlimpah. Festival Selat Lembeh juga merupakan festival kebanggaan warga Kota Bitung.

“Kami ingin mempromosikan pesona wisata Kota Bitung dengan program Bitung Bahari Berseri sekaligus memperkenalkan lima pilar pesona wisata. Pesona maritim, pesona flora, pesona fauna, pesona sejarah, pesona religi dan budaya. Warna-warni Kota Bitung dengan segala pesona inilah yang ingin kami sebar luaskan kepada masyarakat Indonesia maupun mancanegara,” tutur Max.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5487 seconds (0.1#10.140)