Rumah Sakit di Gaza Nyaris Kolaps, WHO Serukan Gencatan Senjata

Senin, 06 November 2023 - 08:25 WIB
loading...
Rumah Sakit di Gaza Nyaris Kolaps, WHO Serukan Gencatan Senjata
Rumah sakit di Jalur Gaza nyaris kolaps imbas konflik Israel dan Palestina yang sedang terjadi. Terkait kondisi ini, WHO menyerukan untuk gencatan senjata. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Rumah sakit di Jalur Gaza nyaris kolaps imbas konflik Israel dan Palestina yang sedang terjadi. Terkait kondisi ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan untuk gencatan senjata.

Keputusan ini disampaikan Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di X. Pernyataan itu merespons unggahan @MSF yang menginformasikan situasi rumah sakit di Jalur Gaza yang sangat mengkhawatirkan di tengah konflik Israel dan Palestina.

"Gencatan senjata," tulis Tedros dikutip Senin (6/11/2023).

Di sisi lain, Dokter Abu Abed selaku Deputi Koordinator Medis di Jalur Gaza menjelaskan bahwa rumah sakit di Gaza nyaris tidak berfungsi melayani pasien.





"Rumah sakit di Gaza sudah hampir collaps," kata Abu Abed melalui video yang diunggah akun @MSF.

Dia bahkan menegaskan bahwa para dokter, suster, tenaga medis lainnya bekerja sangat kelelahan di tengah serangan Israel ke Palestina. Kondisi ini terjadi di salah satu rumah sakit di Gaza, yaitu di Al-Shifa Hospital.

Di tengah serangan Israel, beberapa dokter dan petugas kesehatan masih bekerja di rumah sakit Al-Shifa. Terlebih, stok obat-obatan dilaporkan mulai habis. Selain itu, karena kondisi darutan, banyak dokter melakukan operasi di lantai dan tidak ada anestesi.

"Dokter, suster, dan tenaga medis lainnya sangat kelelahan dalam 23 hari ini. Di sini tidak ada obat-obatan, produk medis sekali pakai, banyak sekali kekurangan," jelas Abu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)